Kelompok IS Klaim Serang Gereja Koptik Mesir, 9 Tewas

Kelompok IS Klaim Serang Gereja Koptik Mesir, 9 Tewas

MESIR (Jurnalislam.com) – Sedikitnya sembilan orang tewas setelah seorang pria bersenjata menembaki sebuah gereja Kristen Koptik dan sebuah toko buku di dekat ibu kota negara, Kairo, menurut kementerian kesehatan Mesir.

Seorang penyerang mencoba memasuki Gereja Mar Mina di kota Helwan, selatan Kairo, pada hari Jumat (29/12/2017). Pria itu juga menyerang sebuah toko Koptik, menewaskan dua orang, lansir Aljazeera.

Juru bicara kementerian kesehatan Khaled Megahed mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa penyerang tersebut telah terbunuh, namun kementerian dalam negeri kemudian mengatakan bahwa dia telah ditangkap.

Laporan lokal mengatakan bahwa seorang polisi terluka bersama dengan beberapa korban lainnya, yang sebagian besar adalah orang Kristen Koptik.

Kelompok Islamic State (IS) mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, kata kantor berita kelompok Amaq, tanpa memberikan bukti klaim tersebut, menurut AP.

Setelah Serangan di Masjid, Mesir Izinkan Suku Badui Lokal Perangi Kelompok IS

Omar Ashour, seorang profesor tamu studi keamanan di Institut Doha, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa serangan tersebut merupakan bagian dari “krisis berkelanjutan” di Mesir.

“Serangan ini lebih bersifat kontinuitas daripada perubahan, kita masih memerlukan munculnya rincian lanjutan, tapi sejauh ini Mesir telah menyaksikan lebih dari 2.000 serangan dalam tiga tahun terakhir,” katanya.

Orang Kristen Koptik adalah satu dari empat kelompok yang ditargetkan secara konsisten, kata Ashour. Muslim sufi adalah kelompok target yang lebih baru, dan “serangan tingkat tertentu” menargetkan militer Mesir dan petugas kepolisian.

Personil media berita juga merupakan target lain.

Tapi tidak ada strategi counterextremism untuk melawan kelompok ini, kata Ashour.

“Ada dua masalah yaitu krisis politik di Mesir yang muncul setelah 2013. Masalah itu belum terselesaikan, dan menciptakan lebih banyak lagi perekrutan serta radikalisasi kelompok bersenjata dari berbagai bentuk,” katanya.

Korban Serangan Bom Masjid di Mesir Meningkat, 235 Tewas, Begini Kronologinya

“Pada dasarnya juga ada serangkaian kesalahan saat memberantas pemberontakan dan terorisme oleh pasukan Mesir, yang menambahkan lebih banyak siraman minyak ke kobaran api.”

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

IS sebelumnya sering menargetkan kelompok Kristen Koptik Mesir tahun ini.

Kelompok minoritas Kristen di Mesir berjumlah sekitar 10 persen dari populasi negara tersebut.

Bagikan
Close X