Jelang Ramadhan, Kemenag Imbau Masyarakat Gelar Silaturahim Online

Jelang Ramadhan, Kemenag Imbau Masyarakat Gelar Silaturahim Online

JAKARTA(Jurnalislam.coom) – Kurang lebih dari sepekan, umat Islam akan menyambut bulan suci ramadan. Karena itu kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam dimana pun berada.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, menuturkan, dalam menyambut bulan yang mulia tersebut, umat Islam dianjurkan, pertama, menata niat yang baik dan menyambutnya dengan ikhlas dan penuh sukacita.

Selain itu, Zainut mengimbau setiap muslim melaksanakan ziarah ke makam orang tua, kerabat dan saudara yang telah berpulang ke rahmatullah untuk mendoakan agar diampuni salah dan dosanya, dilapangkan alam kuburnya serta diberikan tempat yang mulia disisi Allah SWT.

Menurut dia, ziarah kubur merupakan amalan yang sangat baik, karena akan mengingatkan kematian (tadzkiratul maut).

“Bahwa kematian itu adalah sebuah kepastian, sehingga kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum ajal menjemput kita. Sangat indah pesan Nabi SAW kepada kita, cukuplah kematian sebagai pemberi nasehat,” ujarnya.

Namun, dia menyatakan ziarah kubur waktunya boleh setiap saat. Tidak hanya pada saat menjelang bulan puasa saja karena tidak ada kekhususan tertentu.

“Di tengah pandemi wabah Covid-19 sampai dengan bulan Ramadan kemungkinan besar belum mereda, sebaiknya agenda ziarah kubur ditiadakan dan diganti dengan berdoa dari rumahnya masing-masing. Insya Allah nilai pahalanya tidak berkurang sedikit pun,” ucapnya.

Kemudian, kelima, melakukan silaturahmi kepada orang tua yang masih hidup, saudara, kerabat dan teman-teman untuk saling memaafkan.

Hal ini penting dilakukan agar saat memasuki bulan puasa dengan hati yang bersih, tenang, dan penuh keihlasan dan kekhusu’an, semata ingin mengharapkan rida dari Allah SWT.

“Begitu juga dengan kegiatan silaturahmi dan saling meminta maaf bisa dilakukan melalui media sosial atau media daring mengingat masih ada kebijakan untuk physical distancing,” tuturnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X