IZI Jateng dan LAZ Nurul Barqi Buka Pusat Kesehatan Masjid di Semarang

27 Juli 2017
IZI Jateng dan LAZ Nurul Barqi Buka Pusat Kesehatan Masjid di Semarang
IZI Buka Pusat Kesehatan Masjid di Semarang

SEMARANG (Jurnalislam.com) – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ)  Nurul Barqi PT Indonesia Power terus membuka pusat kesehatan masjid di beberapa kelurahan di Kota Semarang. Seperti yang dilakukan di RW VII Kelurahan Kemijen Semarang, Kamis (27/7/2017) dengan memberikan pengobatan gratis kepada warga sekitar.

Djoko Adi Kepala IZI Jawa Tengah menargetkan di tahun 2017 akan ada lima titik pusat kesehatan masjid. Sampai saat ini baru terlaksana di Kelurahan Tanjung Emas dan Kemijen. “ Sudah ada 3 titik, masih ada dua lagi yaitu di Kelurahan Gayamsari dan Kemijen,” katanya dalam siaran pers yang diterima Jurnalislam.com, Kamis (27/7/2017).

Djoko menjelaskan, dengan pengobatan gratis ini nantinya akan dilatih dua relawan kesehatan yang secara mandiri untuk program reguler bulanan agar masyarakat bisa melakukan layanan cek lab sederhana seperti gula darah, asam urat dan kelesterol.

Sukendar perwakilan LAZ Nurul Barqi Indonesia Power menyampaikan program ini sinergi dengan program Dinas Kesehatan Kota Semarang yang menargetkan setiap wilayah mempunyai komunitas sadar kesehatan dengan harapan bisa mendeteksi dini.

“Karena kapasitas Puskesmas dan RSUD untuk langsung mendekat ke titik masyarakat juga tidak bisa menjangkau keseluruhan,” jelasnya.

Lurah Kemijen Tjatur Edi Wardono menambahkan tingkat kesehatan di kelurahan Kemijen sudah sedikit membaik dibanding dua tahun lalu karena masih berimbas rob dan banjir. Tetapi menghadapi musim pancaroba ini warganya juga mengalami akan berimbas terkena penyakit.

“Intinya saat ini sangat membutuhkan untuk pengobatan-pengobatan gratis untuk menghadapi pancaroba,” tegasnya.

Siaran Pers

 

Layanan kesehatan di Pusat Kesehatan Majid