IPM Tasik Luncurkan Rumah Baca Pelajar

SINGAPARNA (Jurnalislam.com) – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Student Fair dan meluncurkan Rumah Baca Pelajar, Sabtu (23/1/2015).

Acara yang digelar di Lapangan Kampus Pendidikan Muhammadiyah Singaparna, Jl. Muhammadiyah Cikedokan, Singaparna itu dihadiri oleh Kepala Sekolah dari beberapa institusi pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Organisasi Otonom Muhammadiyah, Majelis Dikdasmen, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya.

“Aksi nyata ini kami lakukan dalam rangka mengimplementasikan Al Quran Surat Al Alaq ayat satu, dan meretas realitas dengan mirisnya fenomena rendahnya minat baca di kalangan masyarakat,” kata Ketua IPM Kabupaten Tasikmalaya, Gigin Dzulgina.

Gigin mengungkapkan hasil survei UNESCO yang menunjukkan bahwa dari seribu penduduk Indonesia hanya satu orang yang memiliki minat membaca. Karenanya, IPM menaruh harapan besar pada Rumah Baca yang digagasnya itu.

“Besar harapan kami dengan digagasnya gerakkan membaca akan tercipta reading habbit dan gerakkan anti nyontek,” cetusnya.

Selain Rumah Baca, PD IPM juga mengadakan program perpustakaan keliling, bedah buku, bedah film, dan resensi buku yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Hal itu disambut antusias oleh para pelajar, mahasiswa, dan satuan pendidikan dengan tersedianya berbagai fasilitas dan aktivitas yang menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam sambutannya, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Yane Sriwiganti berharap Rumah Baca Pelajar dapat menjadi fasilitas untuk menunjang terbentuknya generasi yang cerdas.

“Dengan diresmikannya rumah baca ini, semangat dan giroh para pelajar harus lebih berkobar dari sebelumnya dan tidak berhenti berkarya demi terbentuknya generasi yang cerdas,” ujarnya.

Reporter: Feisal | Editor: Ally | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.