Ini Petisi Peduli Klaten untuk Pemerintah Terkait Kasus Siyono

KLATEN (Jurnalislam.com) – Kematian Siyono hingga saat ini masih menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat. Pasalnya tidak ada kejelasan dari polisi terkait kematian Siyono dan kesalahannya.

Maka dari itu, komunitas lintas agama Peduli Klaten mengeluarkan petisi yang rencananya akan diberikan kepada pihak yang bersangkutan.

"Kita akan berikan petisi ini kepada pihak yang terkait seperti presiden, polri dan kejagung," kata kordinator aksi, Sapto Suharno kepada wartawan anggota JITU pada Selasa (05/03/2016) di alun-alun Klaten. 

Adapun isi petisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menuntut pengungkapan kematian almarhum Siyono secara adil dan terbuka. 

2. Menuntut negara, dalam hal ini pemerintah di semua jenjang, serta polri untuk hadir secara adil dan obyektif dalam membuka kasus kematian Siyono. 

3. Memberi sanksi tegas dan terbuka jika hasil otopsi membuktikan bahwa ada kesalahan pada oknum dan/atau prosedur penangkapan Siyono. 

4. Negara berkewajiban menjaga dan memberikan jaminan atas rasa keadilan, keamanan dan kenyamanan untuk setiap warga termasuk masyarakat dan keluarga di lingkungan Siyono. 

6. Negara harus menjamin hak hidup dan kehidupan, hak pendidikan, dan hak sebagai warga negara kepada keluarga dan anak-anak Siyono.

 

Reporter: Taufiq Ishak, Tommy Abdullah | Editor: Ally | Jurnalislam 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.