Ini Pesan MUI di Hari Sumpah Pemuda

Ini Pesan MUI di Hari Sumpah Pemuda
JAKARTA (Jurnalislam.com) – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas angkat bicara soal esensi dan makna peringatan 91 tahun Sumpah Pemuda yang diperingati tepat pada hari ini. Menurutnya esensi sumpah pemuda adalah mempersiapkan diri menyongsong masa depan dengan tetap menjalani perintah Allah dan menjauhi larangannya.

“Pemuda adalah pemimpin masa depan. Oleh karena itu persiapkanlah diri untuk menyongsong masa depan yang karakteristiknya tentu akan jauh berbeda dengan hari ini. Tetapi meskipun masa depan berbeda dengan hari ini ada satu hal yang kalian harus tahu yaitu Tuhan yang disembah hari ini adalah Tuhan yang disembah di masa depan,” katanya saat dihubungi Jurnalislam.com, Senin (28/10/2019).
Dia menjelaskan, di tangan yang maha kuasa kekuasaa tergenggam. Untuk itu carilah ilmu dengan sekuat otak dan fikiranmu. Carilah harta dan kekayaan sekuat otak dan fisikmu. Tapi jangan engkau langgar ketentuanNya.
“Bila engkau melanggarnya maka Dia akan murka. Dan bila itu yang terjadi maka rumah mewah yang engkau miliki dan kerajaan bisnis yang telah engkau bangun bisa  hancur dan rubuh dalam sekejap,” ujarnya.
Ketua PP Muhammadiyah juga berpesan kepada seluruh pemuda Indonesia dalam memperinganti sumpah pemuda, untuk mempersiapkan diri untuk mencari dan merebut dunia tapi dengan memperhatikan segala aturan dan ketentuanNya. Karena dengan itulah kalian akan bisa hidup sejahtera dan bahagia dalam arti yang sesungguhnya.

“Tanpa itu maka hidup kalian seperti meminum air laut dimana apa yang ada di samping dan di sekeliling kalian hanya akan membuat hidup kalian menjadi semakin merana dan sengsara. Karena diri kalian ketika itu tak ubahnya seperti lembu atau kuda karena kalian hanya akan dibebani dengan beban yang dipikul tapi kalian tidak akan bisa menikmatinya,” ujarnya.
Anwar Abbas berpesan kepada pemuda untuk selalu mengingat hadis nabi yang sangat patut diingat dan perhatikan. Kata nabi : perbuatlah urusan duniamu seakan-akan engkau akan hidup selama-lamanya. Dan perbuatlah urusan akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok pagi.
“Jadi kalian dituntut untuk berbuat dan bekerja. Tapi kalian tidak hanya cukup dengan berbuat dan bekerja tapi berbuat dan bekerjalah kamu dengan mempergunakan ilmu yang sudah dicerahi dengan iman dan keyakinanmu kepada Tuhan Sang Khaliq yaitu Allah swt,” pungkasnya.
Bagikan

One thought on “Ini Pesan MUI di Hari Sumpah Pemuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X