Responsive image

Ini Imbauan MUI dan GUIB Jatim Tentang Pilkada Serentak 2018

Ini Imbauan MUI dan GUIB Jatim Tentang Pilkada Serentak 2018

SURABAYA (Jurnalislam.com) – MUI Jawa Timur dan Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) mengeluarkan imbauan bersama terkait Pilkada serentak 2018 yang akan dilangsungkan hari ini, Rabu (27/6/2018).

MUI dan GUIB meminta umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab sesuai dengan tuntutan agama sebagaimana hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia Tahun 20019: Memilih pemimpin menurut ajaran Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan beragama.

“Dalam menggunakan hak pilihnya. Umat Islam wajib memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa, jujur (siddiq), terpercaya (amanah), aktif dan aspiratif (tabligh), mempunyai kemampuan (fathanah), dan memperjuangkan kepentingan umat Islam,” kata Ketua GUIB Jatim, Drs. H. Abdurrahman Azis dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnalislam.com, Selasa (26/6/2018).

GUIB juga mengajak segenap Umat Islam untuk bermunajat memohon kepada Allah SWT agar semua proses pemilukada serentak bisa terlaksana secara jujur, adil, aman dan damai serta menghasilkan pemimpin-pemimpin yang takut hanya kepada Allah dan berjuang sepenuh tenaga mewujudkan bangsa dan negara yang adil dan makmur dalam lindungan Allah SWT (baldatun thayyibatun warabbun ghafur).

Selain itu, MUI dan GUIB Jatim mengimbau umat Islam untuk menjaga keamanan dan turut serta mengawasi proses pemilukada untuk mencegah kecurangan dan gangguan keamanan.

Bagikan
Close X