Ini 7 Alasan FUIBB Desak Kapolri Bubarkan Densus 88

SERANG (Jurnalislam.com) – Sejumlah perwakilan massa Forum Umat Islam Banten Bersatu (FUIBB) yang terdiri dari tokoh dan ulama Banten mendatangi Mapolda Banten. Kedatangan mereka sebagai salah satu agenda unjuk rasa ratusan massa FUIBB menuntut pembubaran Densus 88.

Dikatakan koordinator FUIBB, Zainal Arifin menyampaikan tujuh poin alasan pembubaran Densus 88 dan menyeru kepada Kapolda Banten untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada Kapolri dan Presiden Republik Indonesia.

Berikut 7 poin tuntutan FUIBB selengkapnya:

1. Bahwa apa yang telah dilakukan oleh Densus 88 Anti Teror di Indonesia telah melampaui batas kewenangan yang ada dengan mengabaikan  prinsip prinsip dasar kemanusiaan serta hak asasi manusia serta  mampu menangkap, memaksa terhadap siapa saja yang diduga sebagai bagian dari kegiatan tertor di Indonesia;

2. Bahwa dalam setiap penindakannya Densus anti terror 88 meninggalkan prinsip mendasar di Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam pelaksanaan penegakan hukum tersebut dilandaskan atas keadilan itu sendiri dan dengan mendasarkan pada ASAS PRADUGA TIDAK BERSALAH, namun yang di perlihatkan di publik adalah sebaliknya, tangkap, siksa dan bunuh;

3. Bahwa apa yang telah dilakukan terhadap warga Muslim di Klaten bernama Siyono jelas  tidak dapat dibenarkan, baik norma hukum, etika demikian terlebih agama, Siyono meninggal setelah ditangkap oleh Densus 88. Pertanyaan mendasar Apa yang menjadi penyebab kematian Siyono ?… mengapa Siyono harus mati? Untuk siapa kematian Siyono?

4. Bahwa apa yang telah dilakukan oleh Densus 88 anti teror terkesan diskriminatif terhadap ummat Islam, begitu cepat dan sigap ketia menyangkut ummat Islam namun terkesan sangat lambat ketika ummat diluar Islam, alih alih menimbulkan rasa aman tetapi apa yang dipertontonkan  justru menimbulkan horor tersendiri dan ketakutan bagi masyarakat di Indonesia.

5. Bahwa kami menduga ada kepentingan terselubung dibalik berbagai aksi yang dipertontonkan oleh Densus Anti Teror 88, untuk siapa ? kepentingan apa ? aksi Densus 88 tersebut.

6. Bahwa apa yang dilakukan Densus 88 Anti Teror sangat jauh  berbeda  dengan apa yang selama ini dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia dalam menangani setiap peristiwa/permasalahan yang ada, dengan mengkedepankan kemanusiaan , etika dan asas praduga tidak bersalah, sehingga pertanyaan kami sangat beralasan Sesungguhnya untuk siapa Densus 88  ini ada dan masyarakat mana yang diuntungkan dengan adanya Densus 88 ini serta pada akhirnya masyarakat Indoesia bertanya siapa dibalik Densus 88 ini?

7. Maka tidak ada kata lain yang lebih tepat bagi Presiden Republik Indonesia dan merupakan langkah yang bijaksana untuk sesegera mungkin membubarkan Densus 88 Anti Teror.

Pernyataan sikap FUIBB tersebut diserah kepada perwakilan Polda Banten, AKBP Asep Kanit Intelijen Polda Banten.

Menanggapi pernyataan tersebut, Asep mengatakan pihaknya berjanji akan menyampaikan tuntutan tersebut kepada Kapolda Banten Boy Rafli Amar dan Kapolri Badroedin Haiti.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih karena aksi dilakukan dengan tertib dan damai.

Reporter: Muhammad Fajar Aditya | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.