Ingatkan Bahaya Laten PKI, Masyarakat Solo Gelar Nobar dan Sarasehan Film G30S/PKI

Ingatkan Bahaya Laten PKI, Masyarakat Solo Gelar Nobar dan Sarasehan Film G30S/PKI

SOLO (Jurnalislam.com) – Ratusan masyarakat Soloraya ikut hadir dalam gelaran nonton bareng (nobar) dan sarasehan Film G30S/PKI di halaman Masjid Nurul Iman, Kalitan, Solo pada Ahad (30/9/2018) malam.

Dalam sarasehan tersebut, panitia menghadirkan sejumlah tokoh untuk jadi pembicara seperti Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI, Irjen Pol (Purn.) Anton Tabah Digdoyo, ketua MUI Solo KH Subari, tokoh pergerakan Sri Bintang Pamungkas, mantan bupati Wonogiri, Begug Purnomo Sidi hingga tokoh etnis tiongkok Lieus Sunkarisma.

Panitia Nobar dan Sarasehan, Dr Muhammad Taufik menjelaskan, kegiatan yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB itu ditujukan untuk mengingatkan kembali peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia kepada masyarakat khususnya kaum muda di Soloraya.

“Ini untuk menyadarkan kita kepada masyarakat bahwa dulu ketika kita masih kecil sejarah itu mengajarkan kita film tentang kekejaman PKI, tapi negara kan tidak pernah menjelaskan kembali,” katanya kepada wartawan di sela sela acara.

“Kalau kita bicara yang dilarang TAP MPRS no 25 tahun 1996 termasuk didalamnya kan termasuk simbol palu arit, buku-buku dan yang lainnya, jadi kami ingin generasi muda itu mengenali,” imbuhnya.

Taufik menilai, seharusnya negaralah yang mengintruksikan kepada jajarannya untuk mengingatkan bahaya laten PKI kepada seluruh warga Indonesia, Bukan atas inisiatif warga.

“Dan kenapa yang menyelenggarakan bukan Korem, Kodim atau yang lainnya, itu pertanyaan kembali ke penyelenggara negara ini, kita bukan ingin mengambil alih, tapi di ruang ruang kosong itu, kita akan disadarkan kembali, dan kami yang menyatakan bahwa PKI itu bahaya,” ungkapnya.

Dalam acara sarasehan dan nobar tersebut, panitia menyediakan minuman dan makanan gratis hasil kerja sama dengan Warung Murah, Laskar Sedekah dan Ekspreso.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X