Indonesia Juara Ekspor Kayu, Tapi Malah Minim Ekspor Furniture

Indonesia Juara Ekspor Kayu, Tapi Malah Minim Ekspor Furniture

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core), Mohammad Faisal, mengatakan Indonesia tercatat sebagai pengekspor kayu terbesar di dunia.

“Pekerjaan ke depan adalah bagaimana membangun industri manufaktur. Kita punya banyak modal terutama kayu. Kita adalah salah satu eksportir kayu terbesar di dunia bahkan nomor satu,” katanya dalam diskusi ‘Review Ekonomi Triwulan 1 2019 & Jelang Debat Capres ke-5’ di Sarinah, Jakpus, Selasa (9/4/2019).

Pasalnya prestasi mengekspor kayu ini nyatanya tidak membuat Indonesia menjadi negara pengekspor bahan olahan kayu atau furniture terbesar di dunia.

Data terakhir menunjukkan, peringkat ekspor furniture Indonesia turun 5 tingkat ke peringkat 17 di dunia.

“Tapi kalau dibandingkan dengan sebelumnya peringkat pengekspor furniture, kita bukan eksportir furniture nomor satu. Kita bahkan turun rangkingnya menjadi 17 dari sebelumnya 12,” tuturnya.

Faisal melanjutkan, selama ini kayu Indonesia sebagian besar di ekspor ke China. Hal ini kemudian membuat negara tersebut menjadi negara pengelola kayu terbesar di dunia.

“Kemana kayu kita di ekspor? Itu ke Cina. Cina lah yang mengelola kayu menjadi furniture. Cina bahkan menjadi negara nomor satu pengekspor furniture di dunia. Untuk itu dengan melihat fakta ini, kita perlu membangun industri hilir dalam hal ini kayu,” jelasnya.

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X