Ijtima Ulama IV Digelar, GNPF: Murni Demi Urusan Umat

Ijtima Ulama IV Digelar, GNPF: Murni Demi Urusan Umat

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Sekretaris Jenderal Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, Edy Mulyadi, menegaskan bahwa Ijtima Ulama IV tidak akan membahas politik terkait Pemilu 2019. Pasalnya, proses pemilu sudah selesai sejak keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu.

“Jadi, Ijtima ini tidak disikapi untuk pertemuan Teuku Umar (Megawati-Prabowo) dan Gondangdia (Surya Paloh dan kawan-lawan). Kami tidak ada urusan sama Prabowo dan Jokowi setelah MK mengeluarkan keputusan,” kata Edy kepada Jurnalislam.com, Senin (5/8/2019).

Edy menyebutkan, keputusan Ijtima Ulama I mendukung calon presiden Prabowo Subianto karena mendapati banyaknya ketidakadilan dan kesewenang-wenangan oleh pemerintahan saat ini. Menurut dia, dari dua capres yang ada kala itu, Prabowo dinilai sebagai figur yang tepat untuk memimpin Indonesia.

“Kenapa di ijtima satu, dua, dan tiga kami mendukung Prabowo, sebab ulama menghendaki petahana tidak jadi lagi (di periode 2019-2024) karena rekam jejaknya yang luar biasa tidak adil kepada umat Islam,” ujarnya.

Tetapi, pascarekonsiliasi kedua belah pihak, ulama tidak lagi terlibat langsung dalam politik praktis. Lantas kemana arah gerakan Ijtima Ulama selanjutnya?

“Posisi GNPF, FPI, dan PA 212 bersama ulama garis lurus. Kami akan tetap dakwah amar makruf nahi munkar, memberikan masukan-masukan kritis dan membangun, apalagi calon yang jadi sekarang adalah lawan kita sebelumnya,” katanya.

Atas hal itu, Ijtima Ulama IV yang digelar di kawasan Sentul Bogor, Jawa Barat, hari ini, tidak menghadirkan tokoh politik, termasuk Prabowo. Edy menambahkan, Ijtima Ulama IV murni diselenggarakan demi urusan umat dan Bangsa Indonesia.

“Ini sudah menjadi hal berbeda, kami tidak ada hubungannya lagi dengan kontestasi (politik). Jadi kalau ditanya soal rekonsiliasi, ya itu sudah menjadi habitat politisi, kalian mau ngapain, monggo,” kata dia.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X