Ijtima Ulama IV Bentuk Majelis Permusyawaratan Ulama Indonesia

Ijtima Ulama IV Bentuk Majelis Permusyawaratan Ulama Indonesia

SENTUL (Jurnalislam.com) – Salah satu pembahasan dalam Ijtima Ulama IV adalah pematangan rencana pembentukan Majelis Permusyawaratan Ulama Indonesia (MPUI). Demikian disampaikan Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif dalam konferensi pers di Bogor, Senin (5/8/2019).

Pembentukan MPUI, kata dia, telah diamanatkan dalam Ijtima Ulama I pada Juli 2018 lalu. MPUI akan jadi wadah para ulama untuk mendiskusikan dan menyelesaikan berbagai persoalan agama dan kebangsaan.

“Hari ini sudah ada beberapa provinsi yang menyatakan kesiapannya membentuk MPUI, itu kita lihat perkembangannya,” katanya.

Slamet menjelaskan, MPUI akan berfungsi sebagai fasilitator ulama dalam penyelenggaraan ijtima dan berbagai diskursus keumatan. Lewat ijtima hari ini, rencana pembentukan MPUI akan dilihat keseriusannya.

“Sekarang kita dengar perkembamgannya. Kalau ada persoalan umat lembaga itulah yang akan menggodok dan merumuskannya,” kata Slamet.

Slamet membantah jika MPUI nantinya akan menyaingi peran MUI. Majelis ulama yang digagas dalam Ijtima Ulama itu akan menjadi pelengkap dan pendorong dakwah yang dilakukan MUI.

“Kalau dakwah ada berbagi komponen yang ada silahkan MUI dengan MUI-nya, MPUI melengkapi dan membantu karena tidak semua ulama terkover pada MUI,” ujarnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X