Hilal Terlihat, Pemerintah Tetapkan 6 Mei 2019 Mulai Puasa Ramadhan

Hilal Terlihat, Pemerintah Tetapkan 6 Mei 2019 Mulai Puasa Ramadhan

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah atau awal dimulainya puasa jatuh pada Senin 6 Mei 2019. Keputusan ini diambil setelah menggelar sidang isbat pada Ahad 5 Mei 2019.

“Maka 1 Ramadhan jatuh pada Senin 6 Mei 2019. Itulah kesimpulan rapat sidang isbat yang diikuti seluruh pimpinan ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Ahad, 5 Mei 2019.

Sidang isbat dipimpin oleh Lukman dan juga dihadiri oleh para duta besar negara tetangga. Lukman mengatakan Indonesia dalam penentuan 1 Ramadan menggunakan dua metode yaitu hisab dan rukyat.

Sidang diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kemenag tentang posisi hilal. Lukman mengatakan berdasarkan hasil hisab, hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk. Posisi hilal, kata dia, 4 derajat 30 menit 59 detik sampai 5 derajat 42 menit 59 detik.

Lukman mengatakan Kemenag menempatkan tim rukyat di 102 titik di 34 Provinsi Tanah Air Indonesia. Dari pelaku rukyat di 102 titik, Kemenag menerima laporan 32 pelaku rukyatul hilal tidak satupun yang berhasil melihat hilal.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X