Hari Bersejarah, Shalat Jumat Pertama di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun

Hari Bersejarah, Shalat Jumat Pertama di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun

TURKI(Jurnalislam.com)–Hari ini, Jumat (24/7/2020) menjadi momen bersejarah bagi umat Islam di Turki. Ya, kaum muslimin di sana akan menunaikan Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia, sebuah bangunan bersejarah yang telah kembali beralihfungsi menjadi masjid setelah sebelumnya berfungsi sebagai museum di masa pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan lah tokoh yang memelopori perubahan status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid. Ia sebelumnya mengatakan mosaik-mosaik Kristen tersebut akan ditutup tirai atau penerangan selama pelaksanaan Sholat Jumat.

Dalam beberapa hari setelah Pengadilan Istanbul mencabut status museum Hagia Sophia –membuka jalan untuk berubah menjadi masjid–.

Melansir dari laman VOA Indonesia, Pemerintah Turki telah mengundang sejumlah pemimpin dari berbagai negara untuk hadir dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia besok. Diperkirakan 1.000 hingga 1.500 orang hadir dalam Sholat Jumat hari ini.

 

Kepala Direktorat Agama Turki, Ali Erba akan didapuk sebagai imam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia. Sholat Jumat akan digelar dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Para jamaah diwajibkan memakai masker, hand sanitizer, serta sajadah akan dibagikan kepada seluruh jamaah saat tiba untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia.

Sumber: okezone.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X