Hagia Sophia Jadi Masjid Diprotes Negara Barat, Erdogan Cuek

Hagia Sophia Jadi Masjid Diprotes Negara Barat, Erdogan Cuek

TURKI(Jurnalislam.com)—Presiden Turki Erdogan akhirnya mengumumkan secara resmi Hagia Sophia di Istanbul sebagai sebuah masjid. Pembukaan bangunan bersejarah dunia itu sebagai tempat ibadan umat Muslim akan dilakukan dalam dua minggu mendatang.

Pernyataan Erdogan keluar setelah pengadilan tinggi memutuskan konversi Hagia Sophia menjadi museum pada tahun 1938 adalah ilegal.

Erdogan melakukan ini dengan mengesampingkan protes negara-negara Barat untuk tidak mengubah status museum yang sebelumnya masjid itu.

Sebelumnya, Amerika Serikat, Rusia, dan Yunani menentang keras perubahan status Situs Warisan Dunia UNESCO.

Hagia Sophia adalah titik fokus dari kekaisaran Byzantium Kristen dan Kekaisaran Ottoman Muslim dan sekarang menjadi salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di Turki.

Kementerian kebudayaan Yunani menggambarkan keputusan pengadilan sebagai “provokasi terbuka” bagi dunia yang beradab. Sementara UNESCO mengatakan menyesalkan hal ini.

“Disimpulkan bahwa akta penyelesaian menetapkannya sebagai masjid dan penggunaannya di luar karakter ini tidak dimungkinkan secara hukum,” kata pengadilan Turki yang jadi dasar aturan baru Erdogan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Sumber: cnbcindonesia

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X