Hadapi COVID-19, Ansharusyariah Imbau Umat Jaga Wudhu

Hadapi COVID-19, Ansharusyariah Imbau Umat Jaga Wudhu

SOLO (Jurnalislam.com)- Wabah virus corona (covid-19) sedang menyebar di Indonesia.

Jumlah kasusnya terus meningkat sejak ditemukan pertama kalinya di Depok beberapa waktu lalu. Hingga saat ini, pemerintah menyebut, ada 369 kasus di seluruh Indonesia dan 32 diantaranya meninggal dunia.

 

Menyikapi musibah ini, juru bicara Jamaah Ansharu Syariah, Ustadz Abdul Rochim Ba’asyir mengimbau masyarakat terus mendekatkan diri kepada Allah SWT disamping menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi virus yang berasal dari Cina itu.

 

“Hal pertama yang harus dilakukan justru mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’al dengan meningkatkan ibadah kita. Memohon ampun kepada-Nya, bermuhasabah,” katanya.

 

“Kemudian kita menjaga diri kita dari penyebaran virus tersebut dengan mengikuti arahan-arahan medis seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dll,” ujarnya.

 

Ustadz Iim, sapaannya, juga menekankan umat Islam untuk menjaga wudhu dan shalat. Sebab, kata dia, dengan berwudhu dan shalat Allah akan melindungi kita.

 

“Allah subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan itu dalam Dinul Islam melalui syariat wudhu, shalat, dll, itu adalah sistem proteksi umat Islam,” paparnya.

 

Ia mengungkapkan, ketika ada wabah atau bala menimpa kaum muslimin pada zaman para sahabat Rasul dulu, yang pertama sekali harus dilakukan kum muslimin adalah mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak istigfar.

 

Selain itu, Ustadz Iim juga mengkritisi imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk melakukan peribadatan dari rumah dengan menutup masjid-masjid. Akan tetapi membiarkan tempat-tempat hiburan buka.

 

“Justru yang seharusnya ditutup itu tempat-tempat maksiat seperti itu, bukan masjid,” tegasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X