Responsive image
Responsive image
Responsive image

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

JAKARTA  (Jurnalislam.com) – Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi. Menurut informasi dari situs Magma Kementerian ESDM, letusan Gunung Anak Krakatau terjadi pada Jumat (10/4/2020) malam. Letusan terjadi dua kali, letusan pertama terjadi pukul 21.58 WIB.

 

“Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Jumat, 10 April 2020, pukul 21.58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 357 m di atas permukaan laut),” tulis situs tersebut.

 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 40 mm dan durasi 72 detik.

 

Letusan kedua terjadi pada pukul 22.35 WIB. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 m di atas puncak.

 

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal kea rah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 40 mm dengan durasi 2248 detik,” tulisnya.

 

Erupsi masih terjadi hingga Sabtu (11/4/2020) Pukul 03.00 WIB dini hari.

Berdasarkan pantauan CCTV milik  PVMBG hingga pukul 03.20 WIB masih terlihat lava pijar dari kawah Gunung Anak Krakatau.

 

PVMBG merekomendasikan masyarakat atau wisatawan tidak diberbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah.

 

Diwaktu yang tidak jauh berselang dari erupsi Gunung Anak Krakatau, sekitar pukul 2 dini hari terdengar dentuman di wilayah Depok, Jakarta hingga Bogor yang masyarakat memperkirakan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau, namun hal ini dibantah oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) yang menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Suara dentuman itu diketahui beberapa kali terdengar dini hari ini,

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan,  Sabtu (11/4/2020)

 

Reporter : Jumi Yanti Sutisna

Sumber : m.detik.com, kumparan.com

Foto : PVMBG

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X