FOZ Siapkan Program Pemulihan Pasca Gempa Lombok

FOZ Siapkan Program Pemulihan Pasca Gempa Lombok

DEPOK (Jurnalislam.com) – Ketum Forum Zakat (FOZ), Bambang Suherman mengatakan, ada dua problem mendasar akibat gempa bumi di Lombok. Pertama, soal meluasnya kerusakan fisik baik rumah maupun fasilitas umum.

Kedua, tingkat trauma masyarakat akibat bencana gempa bumi semakin besar. Bukan hanya dialami oleh masyarakat yang rumahnya rusak, tapi juga trauma masyarakat Lombok secara keseluruhan akan terjadinya gempa susulan.

“Setidaknya ada tiga poin penting yang akan menjadi fokus program FOZ selama fase pemulihan Lombok,” katanya dalam FGD bertajuk ‘Sinergi dan Optimalisasi Peran Lembaga Amil Zakat pada Fase Recovery Gempa Lombok’ di Depok, Selasa (28/8/2018).

Bambang menjelaskan, yang pertama dilakukan adalah penentuan kawasan recovery masing-masing. FOZ mengimbau Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk menentukan kawasan recovery, baik desa maupun dusun, yang akan menjadi fokus pemulihan.

Kedua, menggulirkan program konstruksi. Masyarakat membutuhkan hunian sementara yang ramah bagi mereka sambil menunggu bantuan pemerintah untuk membangun ulang rumah mereka yang rusak. Selain itu, program konstruksi lainnya yaitu pembangunan masjid sementara, sekolah sementara, dan pasar sementara.

“Program konstruksi ini akan memberikan rasa nyaman masyarakat dan memudahkan mereka untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala. Termasuk menghidupkan kembali roda ekonomi di kalangan masyarakat korban gempa,” pungkasnya.

Ketiga, yaitu program penanganan kerentanan dan kesehatan menjadi isu yang penting pada fase recovery. Masyarakat terdampak rentan terserang berbagai macam penyakit setelah setidaknya tiga pekan tinggal di pengungsian dengan fasilitas seadanya.

“FOZ mendorong LAZ untuk menyediakan akses layanan kesehatan dan pembuatan sarana kakus yang bersih,” tuturnya.

Bambang menegaskan FOZ sudah melakukan pemetaan wilayah terdampak serta pendataan sumber daya dan kebutuhan tiap lembagapun sudah dikumpulkan. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengkoordinasikan semua kekuatan, termasuk dari masyarakat, agar menjadi grand design program recovery untuk masyarakat Lombok agar mereka secepatnya bisa hidup normal seperti biasa.

Karena itu FOZ mengajak semua masyarakat agar terus membantu saudara kita di Lombok melalui lembaga amil zakat dan kemanusiaan yang terpercaya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X