Fahri Minta Pemerintah Juga Terlibat Selesaikan Tragedi Suriah

8 April 2018
Fahri Minta Pemerintah Juga Terlibat Selesaikan Tragedi Suriah

JAKARTA (Jurnalislam.com) — Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyesalkan setelah tujuh tahun berlalu, penyelesaian konflik di Suriah tidak kunjung menemukan titik terang.

Alih-alih berakhir, negeri yang dipimpin Bashar Assad itu menurutnya saat ini justru dinilainya menjadi tempat “perkelahian” negara-negara besar.

Fahri menuturkan konflik berkepanjangan di Suriah telah mengakibatkan musibah kemanusiaan yang luar biasa.

“Sementara itu, di Indonesia yang banyak terlibat adalah masyarakat sipil dan NGO kita seperti ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan lain-lain,” ujarnya melalui video yang dikirimkan dari Bahrain dalam diskusi publik Jurnalis Islam Bersatu (JITU) bertema ‘Tujuh Tahun Konflik Suriah: Antara Realita dan Propaganda’ di Hotel Gren Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).

Tujuh Tahun Perang Suriah, Menggugah Kesadaran Umat

Namun, kata Fahri, pihaknya belum melihat inisiatif Pemerintah yang lebih luas dan masif dalam meredam konflik di Suriah. Sebagai wakil dari negara muslim terbesar di dunia, ia menegaskan seharusnya Pemerintah bertindak sebagai juru bicara perasaan umat Islam.

“Kita harus all out untuk menghentikan bencana kemanusiaan di Suriah ini,” ungkapnya.

“Jangan biarkan ini menjadi politik negara-negara besar karena yang menjadi korban adalah negara-negara kecil,” pungkas Fahri.

Reporter: Yusuf/ Islamic News Agency (INA)