Erdogan Kembali Menangkan Pemilihan Presiden, Ini Kata Sekjen NATO

Erdogan Kembali Menangkan Pemilihan Presiden, Ini Kata Sekjen NATO

BERLIN (Jurnalislam.com) – Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada hari Senin (25/6/2018) memberi selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilihan presiden dan parlemen hari Ahad.

“Saya akan memberi selamat kepada Presiden Erdogan atas terpilihnya kembali sebagai presiden. Saya juga akan memberi selamat kepada rakyat Turki dengan jumlah pemilih yang tinggi dalam pemilihan,” kata Stoltenberg kepada wartawan, menjelang pertemuan dengan menteri pertahanan Uni Eropa di Luksemburg, lansir Anadolu Agency.

Dia menggarisbawahi pentingnya Turki bagi aliansi beranggotakan 29 negara ini.

Menhan AS: Turki adalah Negara Garis Depan NATO

“Turki adalah sekutu kunci bagi NATO untuk banyak alasan, paling tidak karena lokasi geografisnya yang strategis, berbatasan dengan Rusia di Laut Hitam juga juga Irak dan Suriah di selatan,” katanya.

“Dan Turki sangat penting dalam perang melawan ISIS, melawan terorisme,” tambahnya.

Erdogan mutlak memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan presiden dengan 52,5 persen suara pada hari Ahad, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi.

Dalam pemilihan parlemen hari Ahad, Aliansi Rakyat – sebuah koalisi antara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang digawangi Erdogan dan Partai Gerakan Nasionalis – memenangkan 53,6 persen suara, dengan 99,9 persen kotak suara yang telah dibuka.

Bagikan
Close X