Erdogan: 800 Pasukan PYD Tewas di Afrin, Suriah

Erdogan: 800 Pasukan PYD Tewas di Afrin, Suriah

ANKARA (Jurnalislam.com) – Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Kamis (1/2/2018) mengatakan total 800 teroris PYD telah terbunuh di wilayah Afrin, barat laut Suriah sebagai bagian dari Operasi Olive Branch yang sedang berlangsung di Turki.

“Tentu saja, jumlah ini akan meningkat menjelang malam,” kata Erdogan, saat berbicara di pertemuan Turkish Youth Foundation di Presidential Complex.

Pada 20 Januari, Turki meluncurkan Operation Olive Branch bersama dengan Free Syria Army (FSA) untuk membersihkan milisi PYD/PKK dan IS dari Afrin, Suriah barat laut.

50 Lebih Roket PYD Hantam Turki, 5 Tewas dan 73 Terluka

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan dan wilayah Turki serta untuk melindungi warga Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas wilayah Suriah, katanya.

Pihak militer juga mengatakan bahwa hanya target militer yang dihancurkan dan “perhatian dan kepekaan” yang besar terus dilakukan untuk menghindar melukai warga sipil.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012, ketika rezim Bashar al-Assad di Suriah menyerahkan kota tersebut ke kelompok teror dengan cuma-cuma.

Bagikan
Close X