50 Lebih Roket PYD Hantam Turki, 5 Tewas dan 73 Terluka

50 Lebih Roket PYD Hantam Turki, 5 Tewas dan 73 Terluka

HATAY (Jurnalislam.com) – Lima warga sipil terbunuh dan 73 lainnya, termasuk anak-anak terluka dalam 10 hari terakhir ketika milisi PYD/PKK menembakkan 52 roket dan satu mortir dari wilayah Afrin barat laut Suriah ke provinsi Kilis dan Hatay yang berbatasan dengan Turki, lansir Anadolu Agency, Rabu (31/1/2018).

Sejak peluncuran Operasi Olive Branch Turki pada 20 Januari untuk membersihkan teroris dari wilayah Afrin, kelompok bersenjata dukungan AS, PYD/PKK, telah melakukan 22 serangan lintas batas di pusat kota Kilis. 30 roket dan satu mortir juga telah menyerang lingkungan sipil di distrik Reyhanli Hatay, Hassa dan Kirikhan.

Moskow: Pentagon Persenjatai Milisi PYD dengan Senjata Canggih

Dalam serangan yang diluncurkan di lingkungan sipil, lima orang, termasuk 2 warga sipil Suriah terbunuh dan 73 lainnya termasuk anak-anak terluka.

Fatma Avlar, 17 tahun, dan seorang pencari suaka Suriah, Nader Al Fares, 51 tahun, meninggal di rumah sakit akibat luka yang diderita dalam serangan roket lintas batas di Reyhanli.

Sebanyak 28 mortir telah mendarat di lingkungan sipil di distrik Reyhanli Hatay; Dua roket mendarat di pinggiran Hassa dan sebuah granat mortir menyerang Kirikhan.

Sahin Elitas, seorang pekerja Distribusi Listrik Turki (TEDAS) berusia 30 tahun, meninggal dalam serangan terhadap Kirikhan; 51 lainnya terluka dalam insiden tersebut.

Dalam serangan terhadap Reyhanli, 11 rumah dan 15 bangunan bisnis rusak; 20 kendaraan juga hancur.

Sebelum militer Turki dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) menguasai Mt. Bursaya di Suriah utara, PYD/PKK sering menggunakan Mt. Bursaya untuk menargetkan warga sipil di pusat provinsi Kilis dan distrik Azaz di Suriah melalui peluru mortir, artileri dan rudal.

Operasi Militer Turki atas PYD Memasuki Provinsi Aleppo

22 roket yang ditembakkan oleh milisi menghantam sebuah masjid, beberapa rumah dan lingkungan di Kilis.

Dalam serangan teroris yang dilakukan dari Afrin di Kilis, lima rumah, sebuah masjid dan enam kendaraan rusak.

Dua warga sipil, salah satunya adalah seorang pengungsi Suriah, tewas dan 22 lainnya cedera dalam serangan di kota tersebut.

Muzaffer Aydemir, 72 tahun, dan Tariq Tabbaq, 28 tahun, tewas dan enam lainnya cedera saat sebuah roket yang ditembakkan oleh kelompok PKY/PKK dari Suriah menyerang Masjid Calik di Kilis sekitar pukul 6.10 siang (1510GMT) pada 24 Januari.

Bagikan
Close X