Empat Hal Ini Perlu Diperhatikan untuk Eratkan Ukhuwah

Empat Hal Ini Perlu Diperhatikan untuk Eratkan Ukhuwah

BANDUNG (Jurnalislam.com)- Amir Jamaah Ansharu Syariah Ustadz Muhammad Achwan mengajak umat Islam untuk senantiasa menjaga persaudaraan dan persatuan.

 

Ia menyebut ukhuwah adalah salah satu nikmat dari Allah untuk kaum muslimin khususnya di Indonesia.

 

“Persaudaraan, ukhuwah persatuan itu nikmat Allah yang harus ditetap dijaga jangan sampai hilang,” katanya pada Senin, (10/8/2020).

 

“Ihfadzillaa yahfadzka, jagalah Allah maka Allah akan menjaga kita,” imbuhnya.

 

Menurut ustadz Achwan, ada 4 hal yang harus dilakukan oleh seorang muslim untuk menjaga nikmat ukhuwah. Yang pertama adalah menjaga hati.

 

“Jaga hati, karena hati adalah sumber bencana, jaganganlah sampai ada ghil terutama terhadap senior senior kita, Yang kedua, yang harus dijaga adalah perkataan,” ungkapnya.

 

“Setan dengan perkataan yang paling baik akan selalu mengadu domba, kalau perkataan kita kasar jelek, maka lebih memberikan peluang untuk setan untuk mengadu domba,” imbuh ustadz Achwan.

 

Ustadz Achwan melanjutkan, bahwa setelah menjaga hati dan lisan, maka hal yang harus dijaga selanjutnya adalah menjaga perbuatan.

 

“Janganlah sampai perbuatan kita ini menjadi penyebab retaknya ukhuwah ini, sikap kita, omongan kita harus dijaga,” jelasnya.

 

Dan yang terakhir, kata ustadz Achwan, adalah jaga kebersamaan. “Ketika rasulullah, membangun khandak, orang orang kafir dan munafik kan pergi, didalam surat An-Nur itu kalau ada bersama harus dijaga kebersamaan tidak boleh meninggalkan begitu saja,” ujarnya.

 

“Jagalah Allah maka kamu akan dijaga oleh Allah, jaga hati, jaga lisan, jaga perbuatan, dan jagalah kebersamaan, mudah mudahan dengan itu Rahmat Allah senantiasa bersama dengan kita, mudah mudahan izzul Islam wal Muslimin,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X