DPR Desak PBB Segera Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Myanmar

DPR Desak PBB Segera Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Myanmar

SOLO (Jurnalislam.com) – Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari mendesak Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera menempatkan pasukan perdamaian di Myanmar. Menurutnya, tindak kejahatan yang dilakukan militer Myanmar terhadap etnis Muslim Rohingya di Rakhine State tidak bisa ditolerir lagi.

“Kita mendesak PBB dengan melakukan protes, sehingga disana harus ditempatkan pasukan perdamaian, karena kita tidak bisa mengirimkan militer kecuali melalui pasukan perdamaian PBB,” terangnya kepada wartawan di WM Sederhana Jalan Slamet Riyadi Jum’at (15/9/2017).

Peduli Rohingya, Kiai Azaim Pimpin Doa untuk Rohingya di Bondowoso

Ia juga mengimbau kepada negara-negara lainnya turut serta mendesak PBB untuk segera mengirimkan pasukan militernya ke Myanmar.

“Untuk ikut memperhatikan kejahatan yang dilakukan oleh militer Myanmar terhadap muslim Rohingya. Selama belum ditetapkan oleh PBB, kita belum bisa ikut mengirimkan pasukan militer perdamaian,”tandasnya

Abdul Kharis juga menilai, tokoh Myanmar, Aung San Suu Kyi tidak pantas menerima nobel perdamaian, karena Suu Kyi telah membiarkan terjadinya tindak kejahatan kemanusian dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh militer Myanmar kepada etnis Rohingya.

“Ini kontradiktif, seorang pemenang nobel perdamaian namun membiarkan pembantaian terhadap umat Islam, terjadinya tindak kejahatan kemanusiaan yang oleh bangsa manapun ditentang namun ini terjadi,” paparnya.

Umat Islam Karanganyar Gelar Doa Bersama dan Shalat Ghaib Peduli Rohingya

Ia juga menegaskan, pemerintah Indonesia siap membantu mengatasi krisis kemanusiaan di Myanmar jika PBB meminta. “Dan Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian PBB kesana,”pungkasnya. (Arie Ristyan)

Bagikan
Close X