DMI Dorong Generasi Muda Muslim Persiapkan Diri

DMI Dorong Generasi Muda Muslim Persiapkan Diri

 

JAKARTA (Jurnalislam.com)— Dalam berbagai kajian literatur dan berdasarkan riset, pada 2030 mendatang kaum Muslimin akan menjadi umat yang signifikan jumlahnya, tidak hanya di negeri-negeri yang selama ini dikenal sebagai negeri Muslim. Hal ini disebabkan meningkatnya eksistensi umat Islam di Benua Eropa dan Amerika.

“Karena itu, generasi muda Islam harus didorong untuk mempersiapkan dirinya dalam menyambut dan menyongsong perkembangan Islam yang signifikan secara global dalam dekade yang akan datang,” kata Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin saat menyampaikan pidato utama dalam Latihan Kader Masjid (LKM) se-Banten yang digelar Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) DMI Kota Tangerang, Jumat (12/3).

Syafruddin mengatakan, di satu sisi, hasil kajian ini adalah hal yang menggembirakan. Di sisi lain, berdasarkan riset lainnya ditemukan bahwa pemahaman dan pengamalan keagamaan secara sempurna masih mengalami ketimpangan.

Dalam hal buta aksara Alquran, ia menerangkan, hasil studi pemuda Hidayatullah menyatakan, masih ada sekira 65 persen umat Islam di Indonesia yang belum bisa membaca Alquran. Disproporsi dan kesenjangan ini akan makin bertambah besar jika dikaitkan dengan kemampuan menghafal Alquran, apalagi hingga ke aktualisasi nilai-nilai Alquran.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X