Responsive image

Ditemani Ormas Islam, Warga Sriwedari Datangi DPRD Surakarta

Ditemani Ormas Islam, Warga Sriwedari Datangi DPRD Surakarta

SOlO (Jurnalislam.com) – Polemik pembangunan Masjid Raya Sriwedari oleh Pemkot Solo terus berlanjut. Sebelumnya, sejumlah ormas Islam dan masyarakat menolak berdirinya Masjid di lahan seluas 99.889 m persegi sebab mereka meyakini tanah tersebut masih milik ahli waris Wiryodiningrat.

Kali ini, warga bersama sejumlah tokoh masyarakat Solo yang tergabung dalam Forum Umat Islam Peduli Pembangunan Masjid Sriwedari didampingi Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) serta elemen umat Islam lainnya mendatangi DPRD Surakarta, Selasa, (13/2/2018).

Baca juga: Berencana Bangun Masjid di Lahan Warga, DSKS Minta Pemkot Surakarta Hormati Putusan MA

Rombongan diterima Wakil Ketua DPRD Surakarta Djaswadi, Sugeng Wakil Komisi 3, dan Ghofar Ismail Wakil DPRD.

Warga mendesak DPRD untuk meninjau ulang rencana pemkot Surakarat membangun masjid tersebut. Sebab, warga tidak ingin berdirinya masjid hanya akan membuat konflik di kemudian hari.

“Kami mohon DPRD ikut cawe-cawe agar kedepan tidak bikin rancu dan bikin umat Islam konflik, kami mohon anggota dewan ikut mengawal proses pembikinan masjid itu, kita bukan menolak masjidnya, kalau masjidnya kita apresiasi, jadi mohon diperjelas status tanahnya dulu,” kata kyai Ahmad Dahlan kepada anggota dewan.

Baca juga: Bagaimana Hukum Membangun Masjid di Lahan Sengketa?

“Masjid harus didirikan atas dasar taqwa, larangannya yaitu karena statusnya belum jelas milik siapa,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Abdul Ghofar Ismail Wakil ketua DPRD Surakarta berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat dan umat Islam itu dalam forum rapat. Ia juga tidak ingin pembangunan masjid kabarnya memakan biaya sekitar 160 milyar itu malah menjadikan konflik antar umat beragama di Solo yang selama ini sudah sangat terjaga dan kondusif.

“Semoga kami yang di DPRD bisa mengemban aspirasi umat Islam yang ingin ada kebaikan terkait proses pembangunan masjid ini, dan semoga kita bisa membawa aspirasi kita semua, agar nanti tidak ada permasalahan kedepan,” tandasnya.

Bagikan
Close X