Diprotes Umat, Ini Poin Draf RUU BPIP Diduga Bentuk Makar Konstitusi

Diprotes Umat, Ini Poin Draf RUU BPIP Diduga Bentuk Makar Konstitusi

SURABAYA(Jurnalislam.com) – Dalam apel siaga jaga Pancasila yang digelar Forum masyarakat Jawa Timur di lapangan gedung Juang jl.Mayjend Sungkono no.45 Surabaya, Selasa pagi (18/08/2020) menyatakan adanya upaya makar konstitusi yang mengancam keutuhan NKRI.

 

Hal tersebut disampaikan Agus Maksum dalam pembacaan pernyataan sikap Forum masyarakat Jatim,

 

“Upaya untuk mengangkat rumusan Pancasila 1 Juni yang secara terselubung digunakan untuk menafsirkan rumusan Pancasila yang disahkan tanggal 18 Agustus 1945, sebagaimana yang terdapat dalam draf RUU HIP maupun yang dimuat dalam konsideran draf RUU BPIP, adalah bentuk makar konstitusi yang mengancam eksistensi NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”, terangnya.

 

Lebih lanjut ia juga meminta kepada penegak hukum untuk mengusut tuntas dan menuntut secara hukum terhadap para pelaku makar konstitusi tersebut,

 

“Tindakannya telah mengancam kedaulatan dan keutuhan NKRI. Dengan demikian diharapkan akan menimbulkan efek jera bagi yang lain sehingga tidak terjadi hal serupa di kemudian hari”, katanya.

 

Forum masyarakat Jatim juga mendesak pembubaran terhadap partai politik dan organisasi massa yang terbukti mempunyai niat untuk melakukan makar konstitusi.

 

Kontributor: Bahri

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X