Din Syamsudin: KH. Hasyim Muzadi Ulama Komplet

Din Syamsudin: KH. Hasyim Muzadi Ulama Komplet

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Prof. Din Syamsuddin menyatakan sosok KH. Hasyim Muzadi sebagai ulama yang komplet.

Kiai Hasyim memiliki keluasan ilmu pengetahuan dan keagamaan serta keluasan wawasan ilmu pengetahuan diluar ilmu-ilmu keislaman. Beliau memiliki wawasan kebangsaan dan kemanusiaan yang bersifat universal menyatu dalam diri beliau. Itu dikatakan Din Syamsudin dalam acara bedah buku Biografi KH Hasyim Muzadi di IBF, Jumat (20/4/2018).

“Tidak banyak ulama seperti beliau. Dapat memadukan dalam dirinya wawasan ilmu keislaman dan keluasan ilmu pengetahun bahkan kemanusiaan,” ujarnya.

Menurutnya KH. Hasyim seorang pemimpin yang memiliki kemampuan managerial. “Ulama, zuama, tokoh dan pimpinan ormas Islam memang harus memadukan keterampilan leader dan managerial.”

Dia berpandangan, keterampilan leader dan managerialbiasanya hanya menonjol salah satunya. Tapi, KH Hasyim memiliki kedua keterampilan tersebut yang sama sama menonjol.

“KH Hasyim salah seorang tokoh yang memiliki kemampuan leader dan managerial sekaligus,” ujarnya.

Reporter: Gio

Bagikan
Close X