Din Nilai Moral dan Agama Berperan Penting dalam Pelestarian Hutan Tropis

Din Nilai Moral dan Agama Berperan Penting dalam Pelestarian Hutan Tropis

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Ketua Kehormatan Presidium Inter-Religious Council Indonesia Din Syamsuddin mengatakan, dalam upaya melestarikan hutan tropis di dunia, banyak usaha yang dilakukan. Namun upaya upaya tersebut tidak cukup.

“Tantangan dalam pengelolaan alam adalah berakar dari moral manusia. Nah, agama menjadi penting untuk dapat terlibat dalam mengelola moral manusia tersebut,” kata Din usai membuka lokakarya, dialog, dan peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis atau Interfaith Rainforest Initiative (IRI) di kantor Kementerian Hidup, Lingkungan dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Din menjelaskan, agama dan masyarakat adat dapat tampil berperan lebih untuk mengingatkan manusia agar tidak melakukan kerusakan.

Dia optimis, masyarakat yang berada di kawasan pedesaan dengan adat istiadat yang dijunjung tinggi, mereka lebih mudah melakukan adaptasi atas modalitas dan moralitas yang mereka miliki.

“Sehingga pendekatan dengan para pemuka atau tokoh masyarakat setempat dapat menjadi agen perubahan untuk mendorong perubahan perilaku dalam melestarikan hutan hujan tropis,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Din menjadi narasumber kunci bersama sejumlah Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis atau Interfaith Rainforest Initiative (IRI).

IRI merupakan wadah bagi para pemimpin agama dan komunitas agama untuk bekerja bahu-membahu dengan masyarakat adat, pemerintah, LSM, dan bisnis terkait aksi-aksi untuk melindungi hutan tropis dan hak-hak mereka yang berperan sebagai pelindungnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X