Din Dorong Kemunculan Taipan Muslim di Tengah Umat

Din Dorong Kemunculan Taipan Muslim di Tengah Umat

PANGKALPINANG (Jurnalislam.com) – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Dr Din Syamsuddin mengatakan agenda pemberdayaan ekonomi umat terlalu berfokus pada pengembangan keuangan dan lembaga keuangan syariah.

Padahal ada banyak faktor dalam pengembangan ekonomi Islam.

Dia menegaskan, harus ada “taipan” di tengah umat Islam. Sebab kalau tidak pembangunan ekonomi kita akan terus seperti saat ini.

Hal ini berkaitan dengan pemudahan akses peminjaman modal.

Dalam hal ini, dia mendorong adanya bank umat Islam. Meskipun beberapa kali ormas Islam gagal dalam mendirikan bank syariah, akan tetapi bukan berarti harus berhenti.

“Harus ada bank umat Islam, dana umat itu begitu besar apalagi kalau dana haji itu bisa digunakan, ini kekuatan dahsyat jadi gak usah bicara yang lain, ini saja kita wujudkan,” tegasnya.

Terakhir, Din menjelaskan, dalam agenda pemberdayaan ekonomi umat itu harus ada perluasan jejaring koneksi dan kolaborasi baik domestik maupun internasional.

“Ini luar biasa tersedia sekarang, dengan Timur Tengah, dengan negara-negara Teluk, dengan Asia Tengah, kalau koneksi dan kolaborasi ini dibangun akan dahsyat sekali,” ujar mantan Ketua PP Muhammadiyah ini.

Agenda pemberdayaan dan kebangkitan ekonomi umat ini, lanjut Din, meniscayakan soliditas dan solidaritas lintas batas organisasi, bahkan bila perlu dapat dilakukan melalui pengembangan sentimen pasar ekslusif.

“Kalau kita punya mengapa kita berbelanja ke pihak lain,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Din Syamsuddin memaparkan pembahasan tentang strategi perjuangan umat Islam mewujudkan NKRI yang maju, adil dan beradab.

Dia menitikberatkan pada pengembangan pendidikan, ekonomi, dan politik.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X