Responsive image

Didukung Puluhan Serangan Udara Rusia, Pasukan Assad Bergerak ke Kota Soran

Didukung Puluhan Serangan Udara Rusia, Pasukan Assad Bergerak ke Kota Soran

HAMA (Jurnalislam.com) – Pasukan rezim Syiah Assad kembali ke kota strategis Soran di dekat kota Hama di bagian tengah Suriah barat pada hari Ahad (16/4/2017) dengan serangan yang didukung oleh serangan udara berat Rusia, kata oposisi dan penduduk, Al Arabiya News Channel melaporkan.

Sebagian besar pasukan oposisi telah mundur dari kota setelah pasukan Nushairiyah Assad menyerbu kota tersebut menyusul puluhan serangan udara yang diyakini berasal dari jet Rusia sejak fajar, termasuk bom parasut yang juga menargetkan kota-kota lain di wilayah tersebut, termasuk Latamneh dan Kafr Zeita.

“Pemboman intensif menargetkan kota dan seluruh wilayah dan oposisi melakukan perlawanan sengit sampai mereka memuutuskan untuk mundur,” kata seorang anggota kelompok oposisi Jaish al Izza, yang memiliki kehadiran kuat di provinsi Hama.

Tentara rezim dibantu oleh milisi Syi’ah internasional yang didukung Iran dalam mendukung pasukan Assad yang sering berlebihan dalam bertindak, kata oposisi.

Benteng Soran adalah pintu gerbang utara tentara ke kota Hama, ibu kota provinsi tersebut. Benteng itu direbut oleh tentara Assad tahun lalu, lalu kembli dalam kekuasaan pejuang Suriah dalam serangan terbaru.

Pergerakan tentara rezim ke Soran merebut sebagian teritorial yang diperoleh oposisi, termasuk faksi faksi jihad, setelah serangan besar bulan lalu di provinsi Hama utara di pusat wilayah barat negara tersebut.

Oposisi yang melakukan pembalasan telah menembakkan sejumlah roket ke bandara militer Hama di dekatnya. Video yang diunduh di media sosial menunjukkan asap mengepul dari kejauhan.

Jaish al Nasr, sebuah kelompok oposisi Tentara Pembebasan Suriah, mengatakan telah menyerang bandara dengan 40 roket, menyebabkan beberapa kebakaran di kompleks pangkalan udara tersebut.

Oposisi dan faksi faksi jihad masih menguasai kota strategis Morek, sebelah utara kota Hama. Kota itu terletak di jalan raya utara-selatan utama yang berperan penting untuk mengendalikan Suriah barat.

Bagikan
Close X