Di UAD, UAS Ungkapkan Kekagumannya pada Sosok KH Ahmad Dahlan

Di UAD, UAS Ungkapkan Kekagumannya pada Sosok KH Ahmad Dahlan

YOGYAKARTA (Jurnalislam.com) – Pagi ini, Ahad (13/10/2019) Ustaz Abdul Somad mengisi tabligh akbar di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta.

Ribuan jamaah yang didominasi mahasiswa dan masyarakat umum nampak khusyu menyimak materi yang disampaikan UAS tentang ‘Birul Walidain’ atau berbakti kepada orang tua.

Namun di sela-sela paparannya, UAS mengungkapkan kekagumannya kepada sosok pendiri Muhammadiyah, itu KH Ahmad Dahlan. Menurutnya, KH Ahmad Dahlan adalah sosok yang berani melawan arus pada saat itu untuk membersihkan masyarakat dari takhayul, bid’ah dan khurafat.

“Berceramah di UAD merupakan kebanggaan bagi saya, karena saya kagum pada sosok KH Ahmad Dahlan. Beliau punya keberanian untuk melawan arus, arus TBC; takhayul, bid’ah, dan churafat,” kata ulama lulusan Universitas Al-Azhar Mesir ini.

Kekagumannya juga didasari oleh sifat KH Ahmad Dahlan yang tidak membangun ketokohan diri akan tetapi membangun metode dakwah yang diterima dan bermanfaat hingga saat ini.

“Beliau tidak membangun ketokohan, tapi membangkitkan metodenya, membangun relanya, sehingga ketika keretanya sudah lapuk, akan tetap ada kereta api baru yang lewat di rel ini. Artinya, bangunlah rel maka akan ada lokomotif-lokomotif baru. Dan akhirnya hari ini saya ada di depan kereta-kereta baru itu,” tutur UAS.

Kemudian UAS mengutip sebuah hadits yang berbunyi,  “Apabila engkau memiliki sebiji kurma di tanganmu maka tanamlah. Meskipun besok akan kiamat, semoga engkau mendapat pahala.” (HR. Ahmad)

“Bukan kita yang menikmati buahnya, tapi ada orang lain yang akan menikmatinya kelak. 28.000 ibadah mahasiswa UAD mengalir ke makam KH Ahmad Dahlan,”

Sebelum di Masjid UAD, UAS juga mengisi kajian di acara Muslim United #2 di Masjid Jogokariyan dan di Universitas Islam Indonesia (UII).

Bagikan

One thought on “Di UAD, UAS Ungkapkan Kekagumannya pada Sosok KH Ahmad Dahlan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X