Dewan Pertimbangan MUI Desak Pemerintah Terapkan Karantina Wilayah

Dewan Pertimbangan MUI Desak Pemerintah Terapkan Karantina Wilayah

JAKARTA (jurnalislam.com)- Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Prof Din Syamsudin berharap agar klausul atau diktum Pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tersebut betul-betul dilaksanakan dengan tetap mengindahkan norma-norma kearifan dan kebijaksanaan.

 

Bahkan, katanya, jika dinilai mendesak, isolasi parsial atau karantina wilayah dapat lebih ditingkatkan untuk mengurangi persebaran Covid 19.

 

“Dewan Pertimbangan MUI juga menyeru kepada pemerintah di level pusat maupun daerah agar jangan ada kesan perbedaan implementasi kebijakan dalam penanggulangan Covid 19,” katanya dalam keterangan yang diterima Jurnalislam.com, Jum’at, (3/4/2020).

 

“Demikian halnya masyarakat agar tidak berkutat kepada kejumudan perbedaan sikap dan saling menyalahkan antar sesama elemen

masyarakat, Ormas, dan elemen lainnya dalam menyikapi Covid 19 agar tidak semakin memperburuk suasana kebangsaan,” imbuhnya.

 

Prof Din juga mengajak umat Islam dan seluruh elemen warga negara Indonesia untuk lebih mengedepankan langkah-langkah taktis dan solusif yang bersifat kebersamaan dalam semangat kebangsaan dan kemanusiaan serta menghindari pretensi dan tendensi politis.

 

Ia menjelaskan bahwa MUI pusat akan mengintruksikan kepada seluruh pengurus MUI hinggat tingkat bawah untuk ikut bersinergi dalam melakukan penanganan wabah virus covid-19 di Indonesia.

 

“MUI dari tingkat Pusat hingga Kecamatan akan ikut terlibat secara langsung dalam upaya keras mengurangi persebaran Covid 19,” ungkapnya.

 

“Di antaranya edukasi ke masyarakat dan umat Islam agar lebih meningkatkan disiplin

pentingnya Menjaga Jarak Sehat (physical distancing) dan menghindari kerumunan,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X