Responsive image

Demonstrasi Hari keenam di Iran, 23 Orang Tewas dan 500 Ditangkap

Demonstrasi Hari keenam di Iran, 23 Orang Tewas dan 500 Ditangkap

TEHERAN (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 23 orang telah terbunuh – dan lebih dari 500 dilaporkan ditahan – sejak demonstrasi anti-pemerintah meletus di Iran akhir pekan lalu.

Menurut media lokal dan pejabat negara, empat orang tewas di provinsi Lorestan, Iran; dua di provinsi Khuzestan; tiga di provinsi Hamadan; dan 14 di provinsi Isfahan, termasuk seorang petugas polisi.

Sementara pejabat negara mengatakan sedikitnya 500 lainnya telah ditahan, sumber tidak resmi menempatkan jumlah tersebut jauh lebih tinggi, lansir Anadolu Agency Selasa (2/1/2018).

Pada hari Kamis, ribuan orang memenuhi jalan-jalan di kota-kota timur laut Iran di Masyhad dan Kashmar untuk memprotes kenaikan inflasi dan kesalahan pengelolaan oleh pemerintah, menurut laporan media setempat.

12 Massa Demo Tewas, 2 Diantaranya Digilas Mobil Anti Huru-hara Iran

Protes hari Kamis diikuti oleh sejumlah demonstrasi pro-pemerintah pada hari Sabtu.

Pada hari Ahad, Presiden Hassan Rouhani memperingatkan warga agar tidak ikut demonstrasi, yang sejak itu menyebar ke sejumlah pusat kota lainnya.

“Kita harus menghindari menempatkan negara dalam situasi yang bisa dimanfaatkan musuh kita,” kata Rouhani setelah rapat kabinet.

Bagikan
Close X