Responsive image

12 Massa Demo Tewas, 2 Diantaranya Digilas Mobil Anti Huru-hara Iran

12 Massa Demo Tewas, 2 Diantaranya Digilas Mobil Anti Huru-hara Iran

IRAN (Jurnalislam.com) – TV pemerintah Iran melaporkan bahwa 12 orang telah terbunuh di tengah demonstrasi nasional, tanpa merinci.

Di antara 10 orang tersebut adalah dua pemrotes yang ditembak mati semalam di kota kecil Izeh di barat daya Iran, seorang anggota parlemen mengatakan kepada media Iran pada hari Senin (1/1/2018), lansir Al Arabiya.

“Penduduk Izeh, seperti beberapa kota lainnya, mengadakan demonstrasi menentang masalah ekonomi dan sayangnya hal itu menyebabkan pembunuhan dua orang dan luka-luka pada beberapa orang lainnya,” anggota parlemen daerah itu, Hedayatollah Khademi, kepada kantor berita ILNA.

“Saya belum tahu apakah penembakan semalam dilakukan oleh pemrotes atau polisi,” tambahnya

Dua orang lagi dilindas oleh “kendaraan anti huru-hara” di provinsi Lorestan, kata gubernur daerah tersebut.

Demonstrasi di Iran Semakin Meningkat 3 Orang Tewas Ditembak Garda Revolusi

Pemerintah Iran mengatakan pada hari Ahad bahwa pihaknya telah menahan lebih dari 370 demonstran selama empat hari terakhir demonstrasi tersebut, sementara aktivis Iran mengklaim bahwa jumlahnya jauh lebih tinggi.

Wakil gubernur provinsi Teheran, Ali Asghar Naserbakht, mengatakan bahwa polisi setempat menahan sekitar 200 orang di jalan-jalan yang dipenuhi pemrotes pada Ahad malam. Empat puluh dari mereka yang ditangkap memimpin demonstrasi tersebut, tambahnya.

Walikota provinsi Markazi, Ali Aghazadeh Dafsari, mengatakan bahwa polisi setempat menangkap lebih dari 100 pemrotes yang berpartisipasi dalam demonstrasi yang mereka sebut “tidak memiliki izin.”

Jaksa penuntut kota Kashan mengatakan bahwa lebih dari 60 demonstran ditangkap pada hari Sabtu karena memprotes kondisi politik dan ekonomi negara tersebut.

Bagikan
Close X