China: Taliban Miliki Peran Penting di Afganistan

China: Taliban Miliki Peran Penting di Afganistan

BEIJING(Jurnalislam.com) — China pada Rabu mengatakan Taliban memiliki peran penting dalam proses perdamaian, rekonsiliasi, dan rekonstruksi Afghanistan. Pernyataan itu datang dari Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, selama pertemuan dengan delegasi sembilan anggota Taliban yang dipimpin oleh Mullah Baradar Akhund, kepala kantor politik kelompok itu di Qatar.

“Wang mengungkapkan Taliban Afganistan adalah kekuatan militer dan politik yang penting di Afghanistan dan diharapkan memainkan peran penting dalam proses perdamaian, rekonsiliasi, dan rekonstruksi negara itu,” kata Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, dalam sebuah konferensi pers di Beijing.

“Kami berharap Taliban Afghanistan akan mengutamakan kepentingan negara dan bangsa, menjunjung tinggi perdamaian, menetapkan tujuan perdamaian, membangun citra positif dan mengejar kebijakan inklusif,” ujar Lijian.

Sebelumnya pada hari yang sama, juru bicara Taliban Mohammad Naeem mengatakan di Twitter bahwa pertemuan itu berfokus pada masalah politik, ekonomi dan keamanan yang terkait dengan kedua negara, situasi saat ini dan proses perdamaian di Afghanistan.

Menyambut undangan Beijing, delegasi Taliban tiba di China dalam kunjungan selama dua hari pada Selasa dan bertemu dengan Wang di kota Tianjin. Para pemimpin Taliban juga bertemu dengan wakil menteri luar negeri China dan perwakilan khusus negara itu untuk Afghanistan.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X