Responsive image

Bimas Islam Kemenag Kenalkan Buku Fikih Braile

Bimas Islam Kemenag Kenalkan Buku Fikih Braile

JAKARTA (Jurnalislam.com)- Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin memaparkan berbagai program kerja ramah disabilitas di Bimas Islam. Salah satunya yang sudah berjalan adalah pencetakan Al-Qur’an Braile dan buku Fikih Braile.

“Kita sudah mengadakan Al-Quran braile, kemudian sekarang kita cetak fikih braile dan seterusnya,” katanya dalam sambutannya di acara Pelatihan Literasi Informasi Bagi Generasi Milenial yang digelar di Hotel Aston Kartika, Jakarta Barat pada Senin (24/06/2019).

Selain itu, setiap tahun Bimas Islam juga menggelar lomba Al-Quran bagi penyandang tuna netra.

Untuk ke depannya, Bimas Islam juga telah mencanangkan program Masjid Ramah Disabilitas. Amin mengatakan, program ini telah masuk dalam rancangan anggaran dan akan mulai berjalan pada 2020 nanti.

Dirjen Bimas Islam juga menyampaikan keprihatinan atas masih adanya disabilitas yang diusir atau tidak diperbolehkan memasuki masjid dengan berbagai alasan.

Karena yang masuk masjid tidak semua normal. Di antaranya tadi yang saya katakan, biasanya karena alasan kursi roda mereka tidak bersih, oleh pengurus masjid dilarang masuk,” katanya.

Untuk itu, dalam program masjid ramah disabilitas nanti salah satunya akan berfokus pada pengadaan kursi roda. Sehingga, penyandang disabilitas yang akan memasuki masjid dapat menggunakan kursi roda yang tersedia.

“Termasuk didalamnya tempat wudhu untuk disabilitas yang tentu saja berbeda dengan tempat wudhu orang lain,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X