Bertemu Tokoh Muslim Solo, Ini Permintaan Ulama Uighur

Bertemu Tokoh Muslim Solo, Ini Permintaan Ulama Uighur

SOLO (Jurnalislam.com) –Ketua Presiden Persatuan Ulama Turkistan timur Dr. Ataullah Shahyar mengunjungi sejumlah tokoh di Indonesia termasuk tokoh muslim Solo.

Dalam pertemuan dengan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Dr. Ataullah menjelaskan sejarah bangsa Uighur yang tinggal di negeri Turkistan Timur yang kini dikuasai Cina.

“Turkistan adalah negeri Islam yang sudah ada ribuan tahun lalu yang luasnya hampir seperti Indonesia dan selama 70 tahun dijajah dan dipaksa mengikuti cara hidup Cina komunis, bangsa Turkistan adalah bangsa nenek moyangnya negara Turki,” kata Dr. Ataullah.

Presiden Ulama Turkistan Timur juga membenarkan berita yang beredar di media tentang penyiksaan, pelarangan ibadah serta mengenakan atribut Islam.

Bahkan menurutnya, di camp konsentrasi, penghuni camp hanya di izinkan tidur maksimal 2 jam saja.

“Hal itu agar lama-lama tidak bisa berfikir logis, kemudian di masukkan doktrin komunis” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa sekitar 4 tahun ini telah dibangun camp-camp konsentrasi berguna untuk doktrinisasi paham komunis.

Camp juga diperuntukkan tempat penyiksaan dan hukuman bagi yang ketahuan melaksankan ibadah.

“Baik itu para pengusaha, pemikir dan ulama ditangkapi dan dimasukkan di camp, banyak diantaranya meninggal di sana karena siksaan”,ujarnya.

Terakhir ulama Uighur berpesan untuk jamaah yang hadir bahwa info dan berita sebenarnya yang di alami muslim Uighur harus terus kabarkan kepada seluruh kaum muslimin di seluruh dunia.

“Saya berharap info ini tidak hanya berhenti di sini. Harus disebarkan ke yang lain. Dan kami mengucapkan terima kasih atas sikap ummat islam Indonesia, semoga ukhuwah ini abadi dunia dan akhirat,”tutupnya.

Pada kesempatan itu, ulama Uighur memberikan kenange-kenangan kepada Ketua DSKS, Dr. Muinidillah Basri MA.

Kenang – kenangan berupa baju imam shalat dan peci bangsa Uighur.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X