Responsive image

Bertemu di Moskow, Turki – Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Idlib

Bertemu di Moskow, Turki – Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Idlib

MOSKOW (Jurnalislam.com) – Turki dan Rusia menyepakati gencatan senjata di zona de-eskalasi Idlib, Suriah setelah melakukan pertemuan selama enam jam di Moskow pada Kamis (5/4/2020).

Sejak Desember lalu tingkat kekerasan di Idlib terus meningkat akibat serangan udara militer Bashar Asaad dan Rusia yang menargetkan warga sipil.

“Pada 00.01 malam ini (6 Maret 2020), gencatan senjata akan diberlakukan,” kata Erdogan kepada wartawan, Kamis (5/3/2020) di Moskow.

Erdogan menambahkan bahwa Turki, yang telah mengirim ribuan tentara ke Idlib untuk mengusir tentara Suriah, tidak akan “diam” jika pasukan pemerintah Suriah melanjutkan serangan ke warga sipil Idlib. Erdogan memperingatkan bahwa pihaknya akan membalas dengan kekuatan penuh.

Sementara itu Putin mengatakan Rusia tidak selalu setuju dengan  Turki, tetapi berharap kesepakatan itu akan berfungsi sebagai “dasar yang baik untuk mengakhiri pertempuran di zona de-eskalasi Idlib, mengakhiri penderitaan para penduduk sipil dan mengandung krisis kemanusiaan yang berkembang.”

Turki dan Rusia juga membangun sebuah koridor keamanan yang akan didirikan 6 kilometer (3,7 mil) jauh di utara dan ke selatan dari jalan raya M4.

“Parameter spesifik dari fungsi koridor keamanan akan disepakati antara kementerian pertahanan Turki dan Rusia dalam tujuh hari,” kata Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

Patroli gabungan Turki-Rusia akan dimulai pada 15 Maret di sepanjang jalan raya M4 dari pemukiman Trumba – 2 km (1,2 mil) di sebelah barat Saraqib – ke pemukiman Ain-Al-Havr.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X