Responsive image

Begini Penjelasan LIPI Soal Gempa dan Tsunami di Palu

Begini Penjelasan LIPI Soal Gempa dan Tsunami di Palu

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Eko Yulianto mengatakan, Palu terletas di atas sesar Palu Koro. Sesar Palu Koro adalah patahan yang membelah Sulawesi menjadi dua bagian barat dan timur.

“Sesar ini mempunyai pergerakan aktif dan jadi perhatian para peneliti geologi,” ujar Eko dalam siaran pers kepada Jurnalislam.com, Selasa (2/10/2018).

Menurut Eko, fakta ini seharusnya menjadikan kesiapsiagaan dan kewaspadaan bencana harus menjadi perhatian agar dampak buruk dapat diminimalisir.

Pakar kegempaan LIPI, Danny Hilman Natawidaja mengungkapkan, ada detail-detail fenomena alam yang membuat gempa dan tsunami Palu patut mendapat perhatian.

“Ada tsunami yang justru terjadi di mekanisme pergerakan struktur sesar mendatar juga likuifaksi tanah,” terang Danny.

Menurut Danny, ada kondisi-kondisi tertentu di Palu yang membuat hal itu terjadi.

“Meskipun bukan kejadian pertama, namun hal ini perlu mendapat perhatian serius,” ujarnya.

Danny meminta agar sumber-sumber pengetahuan mengenai kegempaan ditingkatkan. “Juga pengetahuan mitigasi bencana harus diperhatikan secara serius.”

Peneliti bidang geofisika kelautan dari Pusat Penelitian Oseanografi, Nugroho Dwi Hananto menyebutkan adanya kemungkinan bahwa sesar mendatar Palu Koro yang memiliki komponen deformasi vertikal di dasar laut memicu terjadinya tsunami.

“Kawasan Teluk Palu hingga Donggala juga mempunyai bentuk mirip  kanal tertutup dengan bentuk dasar laut yang curam. Akibatnya jika ada massa air laut datang, gelombangnya lebih tinggi dan kecepatannya lebih cepat,” jelas Nugroho.

Dirinya juga mencatat kemungkinan longsor bawah laut akibat tebih bawah laut runtuh akibat gempa.

“Gempa dan tsunami Palu menjadi pelajaran penting perlunya data geo-sains yang lebih lengkap untuk bisa mengkaji potensi terjadinya gempa yang sumbernya berasal dari bawah laut,” pungkasnya.

Bagikan

2 thoughts on “Begini Penjelasan LIPI Soal Gempa dan Tsunami di Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X