BAZNAS Bantah Pernyataan Polisi: Tidak Benar Kami Terima Setoran dari LAZ

BAZNAS Bantah Pernyataan Polisi: Tidak Benar Kami Terima Setoran dari LAZ

JAKARTA(Jurnalislam.com)–Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS memberikan penjelasan terkait temuan Polisi tentang dugaan adanya dana dari kotak amaly ang digunakan untuk mendanai kelompok teroris.

Polisi mengklaim bahwa ada lembaga amal yang menggunakan uang yang terkumpul di kotak amal sebelum diserahkan ke lembaga BAZNAS setiap enam bulan. Selain itu, pelaporan ke BAZNAS dilakukan diduga agar legalitas pengumpulan dana terjaga.

Terkait hal itu, Wakil Ketua BAZNAS, Zainulbahar Noor, membantah keterangan polisi. Zainul mengatakan, pihaknya selama ini tidak pernah menerima setoran dana dari kotak amal Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Sebab penyaluran dana masyarakat yang dikumpulkan melalui ratusan ribu kotak amal itu dikelola sendiri oleh masing-masing lembaga.

“Benar bahwa LAZ harus membuat laporan dua kali setahun, tetapi tidak menyetor uang sebagai syarat izin LAZ sebagaimana yang dilansir beberapa media. Laporan pengelolaan dana ini sesuai amanah Undang-undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat,” kata Zainul dalam keterangannya, Sabtu (19/12).

Zainul menegaskan, BAZNAS sama sekali tidak pernah menerima setoran uang hasil pengumpulan infak atau sedekah oleh BAZNAS daerah maupun LAZ di skala nasional, provinsi hingga kabupaten/kota.

Penyaluran dana yang dihimpun LAZ dapat disalurkan sendiri oleh LAZ sesuai dengan ketentuan syariah dan undang-undang.

“Lembaga yang berada di bawah koordinasi BAZNAS mengirimkan laporan kinerja berupa laporan keuangan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik. Namun lembaga yang kini telah diamankan polisi tersebut mengirimkan laporan yang belum diaudit hingga batas waktu yang ditentukan,” ucap dia.

Sumber: kumparan.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X