Bashar Assad Tuduh Dukungan Turki Penyebab Utama Jatuhnya Idlib ke Tangan Mujahidin

BEIRUT (Jurnalislam.com) – Bashar Assad mengatakan bahwa dukungan Turki merupakan faktor utama yang membantu mujahidin berhasil merebut barat laut Idlib dari kontrol pemerintahnya bulan lalu.

"Faktor utama jatuhnya Idlib adalah dukungan besar yang datang dari Turki. Dukungan logistik, militer dan keuangan tentu saja yang datang melalui Arab Saudi dan Qatar," kata Assad seperti dilansir surat kabar Swedia Ekspres, Jumat (17/4/2015).

Namun, juru bicara pemerintah Turki membantah tuduhan tersebut meskipun Turki adalah salah satu negara yang paling memusuhi Bashar Assad.

Ditanya tentang inisiatif, Assad mengatakan krisis Suriah telah rumit oleh intervensi eksternal.

Bashar juga mengatakan jika utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura tidak bisa meyakinkan negara-negara yang memusuhinya untuk berhenti mendukung mujahidin dan membiarkan Suriah memecahkan masalah mereka sendiri, "ia tidak akan berhasil," ujarnya.

Dalam serangkaian wawancara dengan media Barat, Assad berulang kali menekankan bahwa kelompok jihad di Suriah menimbulkan ancaman bagi negara-negara Barat.

"Suriah adalah garis kesalahan. Ketika Anda bermain-main dengan garis kesalahan ini, Anda akan memiliki gema dan dampak di daerah yang berbeda, tidak hanya di daerah kami, bahkan di Eropa," ancamnya kepada Amerika yang telah menolak bekerjasama denganya untuk memerangi ISIS.

Idlib yang tidak jauh dari perbatasan Turki adalah Ibukota provinsi kedua yang jatuh ke tangan mujahidin. Mujahidin berhasil mengusir tentara Nushairiyah pada hari Sabtu (28/3/2015).

Ally | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X