AS Mohon Taliban Hadiri Pembicaraan Damai Afghanistan

AS Mohon Taliban Hadiri Pembicaraan Damai Afghanistan

KABUL (Jurnalislam.com) – Perwakilan AS untuk rekonsiliasi Afghanistan pada hari Senin (8/10/2018) memohon kepada Taliban untuk datang dengan tim perunding resmi guna pembicaraan damai.

Zalmay Khalilzad, diplomat AS kelahiran Afghanistan, menyatakan panggilan itu kepada wartawan selama perjalanannya ke ibukota Kabul sebagai bagian dari turnya setelah kunjungan ke Pakistan, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi, lansir Anadolu Agency.

Setelah tiba pada hari Ahad, Khalilzad bertemu dengan Presiden Mohammad Ashraf Ghani dan membahas prospek proses rekonsiliasi yang dipimpin oleh Afghanistan, kata kantor Ghani dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: 17 Tahun Perang Gak Kelar-kelar, AS Akan Negosiasi Lansung dengan Taliban

Sehari sebelumnya, Taliban, pada kesempatan peringatan 17 tahun invasi AS setelah serangan tahun 2001 di AS, memperbarui seruan mereka kepada “pasukan pendudukan” untuk meninggalkan negara itu.

Menurut Abdullah Abdullah, chief executive officer pemerintah Afghanistan, para pejabat AS dan Taliban bulan Juli ini pertama kali bertemu di Qatar untuk membahas peletakan landasan bagi perundingan damai.

Bagikan

2 thoughts on “AS Mohon Taliban Hadiri Pembicaraan Damai Afghanistan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X