Arab Saudi: 2,3 Juta Kaum Muslim Dunia Ibadah Haji Tahun Ini

Arab Saudi: 2,3 Juta Kaum Muslim Dunia Ibadah Haji Tahun Ini

MEKAH (Jurnalislam.com) – Lebih dari dua juta jamaah Haji masuk ke dataran Muzdalifah pada Senin malam setelah menuruni Gunung Arafat.

Menurut lembaga statistik resmi Arab Saudi, lebih dari 2,3 juta Muslim mengambil bagian dalam ibadah Haji tahun ini, Anadolu Agency, Selasa (20/8/2018).

Banyak personil lalu lintas dan keamanan dikerahkan di sepanjang jalan menuju Muzdalifah untuk memfasilitasi kerumunan peziarah.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1439 Hijriyah pada 22 Agustus 2018

Setelah menghabiskan malam di Muzdalifah, para jamaah akan melanjutkan ke kota tenda Mina, di mana mereka akan mengambil bagian dalam ritual simbolis lempar Jumrah, “rajam iblis.”

Ibadah ini mengikuti Nabi Ibrahim yang melempari iblis di tiga tempat saat iblis mencoba menghalangi Nabi Ibrahim agar tidak menaati perintah Allah Swt untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail.

Setelah ritual rajam pada hari Selasa, para jamaah akan mengorbankan hewan untuk menandai dimulainya liburan Idul Adha selama empat hari.

Baca juga: Etika Berqurban Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

Ibadah haji adalah “pilar” kelima dari rukun Islam – sebuah ritual yang harus dilakukan oleh semua Muslim, jika mampu secara finansial, sedikitnya sekali dalam hidup mereka.

Selama sebulan terakhir, ratusan ribu Muslim telah berkumpul di Arab Saudi dari seluruh dunia untuk melakukan Haji tahun ini.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X