Ansharusyariah : Umat Islam Wajib Bantu Muslim Rohingya

P R E S S   R E L E A S E
JAMA’AH ANSHARUSY SYARIAH

Tentang:
KEWAJIBAN MEMBERIKAN BANTUAN KEPADA PENGUNGSI ROHINGYA

إِنَّمَاٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٞ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡۚ وَٱتَّقُواْٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ ١٠
“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (QS. Al Hujurat: 10)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مثلالمؤمنينفيتوادهموتراحمهموتواصلهمكمثلالجسدالواحد, إذااشتكىمنهعضوتداعىلهسائرالجسدبالحمىوالسهر
“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal cinta dan kasih sayang mereka adalah seperti satu tubuh. Jika salah satu bagian tubuh merasa sakit, maka seluruh anggota badan akan merasa demam dan susah tidur” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَاللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Barangsiapa melepaskan dari seorang mukmin satu kesusahan di antara kesusahan di dunia, maka Allah akan melepaskannya dari kesusahan dari kesusahan di hari Kiamat kelak.” (HR. Muslim).

Berkaitan dengan hadirnya gelombang pengungsi Rohingya yang sampai ke Indonesia dan kehadiran mereka sebagai pengungsi karena mendapatkan musibah serangan berkelanjutan dari masyarakat budha di negeri mereka, maka Jamaah Ansharusy Syariah menyatakan sebagai berikut:
1.    Jamaah Ansharusy Syariah mengecam pembiaran pemerintah Myanmar terhadap muslimin Rohingya yang ditindas di tanah air mereka.

2.    Bahwa para pengungsi Rohingya adalah saudara se-Islam kita dan sesuai ajaran agama Islam maka kaum muslimin berkewajiban membantu mereka semampunya.

3.    Mengajak kepada seluruh kaum muslimin di Indonesia agar aktif memberikan bantuan makanan maupun perlindungan kepada saudara seiman mereka yang hadir di negeri ini.

4.    Mengajak kaum muslimin Indonesia agar bergerak memprotes pemerintah Myanmar dan menuntut agar pemerintah Myanmar berlaku adil kepada masyarakat Rohingya serta menghentikan perlakuan buruk kaum budha di negerinya terhadap kaum muslimin Rohingya di sana.

5.    Meminta kepada pemerintahan Indonesia agar memberikan kelonggaran kepada para pengungsi Rohingya yang telah hadir di negeri ini dan memberikan izin bagi mereka tinggal di sini, sementara tanah air mereka masih di jajah oleh kaum budha di sana.

6.    Mendorong pemerintah Indonesia agar  bersikap tegas kepada pemerintah Myanmar untuk adil dan serius menyelesaikan konflik yang terjadi di negerinya.

Demikian pernyataan sikap kami, semoga Allah SWT meringankan beban saudara-saudara seiman kita dan menggerakkan hati kaum muslimin seluruh dunia untuk membantu meringankan beban musibah yang menimpa saudara kita bangsa Rohingya.

Jakarta, 01 Sya’ban 1436H / 19 Mei 2015

 

Ustadz. Abdul Rahim Ba’asyir

Juru Bicara Jamaah Ansharusy Syariah
Hp: 0813.2940.0991

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.