Ansharusyariah Jateng: Gempa Lombok Adalah Peringatan dari Allah

Ansharusyariah Jateng: Gempa Lombok Adalah Peringatan dari Allah

SOLO (Jurnalislam.com) – Pimpinan Jama’ah Ansharusy Syariah Jawa Tengah, Ustaz Surawijaya mengatakan, musibah gempa yang terjadi di Lombok merupakan teguran dan peringatan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Menurutnya, ada dua tujuan Allah memberi peringatan kepada hamba-Nya yang beriman. Pertama, Allah sedang menguji kesabaran orang tersebut. Yang kedua, Allah sedang memberi peringatan kepada hamba-Nya yang berbuat dosa.

“Ada dua hal ketika manusia terkena musibah, yaitu Allah menguji orang- orang sabar diantara kalian,sehingga dengan kesabaran kalian Allah memberi pahala yang besar. Yang kedua Allah memberi peringatan kepada penduduk negeri karena telah melakukan dosa yang ditampakan atau mujaharoh,” paparnya dalam khutbah Idul Adha 1439 H di halaman Masjid Raya ISKA, Mayang, Gatak Sukoharjo, Selasa (21/8/2018).

Ia menjelaskan, dosa yang dikerjakan secara terang- terangan akan mengundang murka Allah. Sebaliknya, jika manusia beriman maka Allah akan menurunkan berkah.

“Seperti dalam surat ke 7. Al A’raaf ayat 96,” katanya.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰ ءَامَنُواْ وَٱتَّقَوْاْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَـٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلأَْرْضِ وَلَـٰكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَـٰهُمْ بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”

Pria yang akrab disapa Cak Rowi ini juga menyampaikan, ada beberapa amalaan yang dapat menghindarkan dari azab Allah Subhanahu wa ta’ala, diantaranya beriman dan bertaqa, mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar, dan memperbanyak sedekah.

“Kita jadikan ibrah dan perbanyak amalan yang menolak balak diantaranya, beriman dan bertakwa kepada Allah,mengamalkan amar ma’ruf nahi mungkar dan perbanyak sedekah,” terangnya.

Ia juga berpesan kepada kaum muslimin untuk membantu korban gempa di Lombok dengan menyumbangkan uang yang ada dalam kotak infak saat sholat Ied.

Reporter: Ridho Asfari

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X