Anies Resmi Buka Indonesia International Book Fair 2019

Anies Resmi Buka Indonesia International Book Fair 2019

JAKARTA (Jurnalislam.com)- Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan secara resmi membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) ke-39 tahun 2019 pada Rabu (4/9) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

“Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua, bersyukur sekali bahwa IIBF sudah mencapai kegiatan yang ke-39 kalinya, bagi sebuah kegiatan ini usia yg cukup panjang. Tapi bagi usaha untuk memajukan literasi rutenya masih lebih panjang lagi, diperlukan lebih dari 39 tahun untuk menggerakkan lietarasi di Indonesia ini,” katanya saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka IIBF secara resmi.

IIBF merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesian (IKAPI) sejak tahun 1980 yang menyandang nama Indonesia Book Fair (IBF), kemudian tahun 2014 acara ini bertransformasi menjadi go internasional atau yang disebut IIBF.

“Kita bersyukur sekali bahwa kerja teman-teman IKAPI konsisten menjaga kegiatan ini, insya Allah tahun-tahun kedepan konsistensi itu akan berbuah kepada meningkatnya kemampuan literasi bangsa Indonesia,” ujarnya.

IIBF tahun ini yang berlangsung selama lima hari, mulai Rabu-Ahad (4-8 September 2019) mengusung tema “Empowering Creative People in a Creative Way” yaitu memberdayakan insan kreatif secara kreatif seperti nantinya membuat film yang kisahnya diambil dari buku.

Selain itu, Anies menceritakan semasa menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tahun 2015 lalu, ia telah menetapkan sebuah program untuk seluruh siswa yang disebut 15 menit membaca sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.

Tingkatkan Literasi

Menurut Anies, selama ini gerakan literasi hanya menjadi sebuah program pemerintah, untuk itu ia berharap kedepan menjadi sebuah gerakan bersama.

“Kita berharap kedepan literasi ini menjadi sebuah gerakan, jangan hanya menjadi program pemerintah. Artinya pemerintah membuka diri, membuka pengaturan anggarannya, sehingga anggarannya bisa untuk memfasilitasi tumbuhnya kegiatan-kegiatan masyarakat untuk kegiatan literasi. Karena kegiatan literasi sekarang kebanyakan berjalan sendirian,” paparnya.

“Mari sama-sama kita dorong gerakan literasi ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi tugas kita bersama,” tambahnya.

Setelah membuka acara, Anies didampingi oleh Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina, Ketua Panitia IIBF 2019 Djadja Subagdja dan Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Ricky Joseph Pesik untuk keliling pameran buku sambil menyapa para peserta IIBF baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan para pengunjung.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X