Anies di Reuni 212: Semua yang Berada di Sini Cermin Persatuan Indonesia

Anies di Reuni 212: Semua yang Berada di Sini Cermin Persatuan Indonesia

JAKARTA (Jurnalislam.com)–Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai selain keberagaman yang diakui dunia, Indonesia juga mempunyai hal yang luar biasa lainnya yakni persatuan Indonesia.

“Saudara sekalian yang saya hormati saya ingin menyampaikan dalam kesempatan ini pesan singkat saja bahwa republik Indonesia, bangsa Indonesia sering dipuji karena keberagamannya. Bangsa Indoensia sering menarik perhatian karena keberagamannya. Saya ingin sampaikan dalam kesempatan ini, yang unik dari bangsa indonesia bukan hanya soal keberagaman,” katanya saat memberi sambutan di Reuni 212 senin, (2/12/2019).

“Banyak bangsa-bangsa lain yang tidak kalah beragam dengan Indonesia, lihat Tiongkok, lihat Papua Nugini, lihat Afganishtan, mereka smeua tak kalah beragam dari kita.  Apa yg unik?  Bangsa indonesia dibanding yang lain?  Keunikan kita adalah kini adalah persatuan Indonesia,” imbuhnya.

Anies menyebut hal itu telah ditunjukan oleh jutaan peserta aksi damai 212 yang selalu menjaga kedamaian dan ketertiban aksi sejak tahun 2016 yang lalu.

“Dan semua yang berada di tempat ini semua adalah cermin persatuan Indonesia, karena itu kita seringkali mendorong mengangkat mengatakan kita beragam, ya benar, tapi banyak yang beragam, yang sesungguhnya hebat dari Indonesia di sini adalah persatuan,” katanya.

Namun demikian, persatuan yang telah diwujudkan dalam kegiatan Reuni 212 tersebut harus diimbangi oleh sikap pemerintah dalam memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Tapi persatuan itu tidak dijaga dengan retorika, persatuan itu tidak dijaga hanya dengan mengirimkan tulisan atau lisan persatuan itu dijaga dengan menghadirkan keadilan,” ujarnya.

“Ketika kesetaraan kesempatan ada ketika perlakuan yang sama ada pada setiap warga Indonesia maka di situ kita akan merasakan keadilan. Dan dengan itu kita memiliki persatuan,” pungkas Anies.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X