Anies Baswedan: Seluruh Kantor Pemerintah dan Sekolah Harus Siap Jadi Tempat Pengungsian

Anies Baswedan: Seluruh Kantor Pemerintah dan Sekolah Harus Siap Jadi Tempat Pengungsian

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan perintah khusus dalam menghadapi banjir di Jakarta pada awal tahun baru 2020. Ia menginstruksikan jajarannya untuk cepat tanggap menanggulangi banjir.

“Seluruh kantor pemerintah dan sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian bagi warga terdampak banjir. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, dan makanan siap saji. Semua tenaga kesehatan harus siaga,” kata Anies yang pagi ini, Rabu (1/1/2020) usai meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta.

Selain obat-obatan dan air minum, tuturnya, toilet umum dan seluruh kebutuhan dasar bagi pengungsi harus disiagakan. Anies juga memerintahkan untuk menjaga kelancaran mobilitas warga sehingga tidak terganggu.

“Pemprov DKI harus hadir dan mengambil sikap bertanggung jawab. Kita tunjukkan pada seluruh warga, bahwa seluruh jajaran turun tangan,” ujarnya.

“Amankan semua transportasi publik. Jika ada rute kendaraan umum yang terkendala banjir, segera siapkan rute alternatif,” paparnya.

Seluruh wali kota, ujar Anies, diharapkan melakukan koordinasi antarbagian. Para wali kota, camat, dan lurah diperintahkan juga untuk selalu memberikan informasi mutakhir yang valid tentang kondisi saat ini.

Secara khusus ia berpesan agar aparat Pemprov DKI juga menjaga kesehatan dan keselamatan masing-masing. Hal ini agar bisa memastikan bantuan keselamatan bagi warga. “Curah hujan tidak bisa kita kendalikan, akan tetapi dampaknya bisa kita kendalikan,” urai Anies.

Ia mengingatkan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada dengan sebaik-baiknya. Ia yakin Allah akan memberi kemudahan sehingga bisa menanggulangi masalah banjir dengan secepatnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X