Responsive image

Aneh! Produk Halal Terbesar di Dunia dari Brasil, Bukan Indonesia

Aneh! Produk Halal Terbesar di Dunia dari Brasil, Bukan Indonesia

PADANG (Jurnalislam.com)– Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin kembali menekankan pengembangan dan perluasan Industri produk halal nasional.

Kiai Ma’ruf ingin Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

Sebab, saat ini produsen produk-produk halal terbesar di dunia justru negara yang bukan penduduk mayoritas Muslim.

“Yang terbesar di dunia dalah Brazil, aneh ini, produk halalnya yang terbesar dari negara Brasil. Kemudian diikuti oleh Australia yang justru bukan negara dengan penduduk mayoritas muslim,” ujar Kiai Ma’ruf saat membuka Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI ke-29 di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Jumat (6/12).

Kiai Ma’ruf mengatakan, Indonesia harus keluar dari saat ini yang hanya menjadi konsumen produk halal terbesar di dunia. Menurutnya, Indonesia bahkan menjadi konsumen terbesar, dengan membelanjakan 214 Miliar US Dollar untuk produk halal.

Jumlah ini, kata Kiai Ma’ruf, mencapai 10 persen dari pangsa produk halal dunia.
“10 persennya di Indonesia. Sayangnya kita bukan merupakan produsen dari produk-produk halal tersebut,” ujar Kiai Ma’ruf.

Karena itu, di depan cendekiawan ICMI, Kiai Ma’ruf mengajak untuk mendukung pengembangan produk halal, ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Menurutnya, Indonesia diharapkan tidak hanya sekedar menjadi konsumen dan hanya melakukan sertifikasi halal saja.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X